Cegah Perundungan, SMP 5 Kudus Buat Aplikasi SiAndung Esmaku

Selasa, 11 Juni 2024 - 14:48 WIB
"Kami memakai aplikasi SiAndung untuk meminimalisir perundungan atau bullying. Minimal jika ada sesuatu yang mengkhawatirkan kita ada laporannya (sehingga bisa langsung ditangani)," kata dia.

Cara Pemakaian Aplikasi SiAndung Esmaku



Penggunaan SiAndung Esmaku dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

1. Siswa dapat scan barcode melalui handphone yang dimiliki. Barcode disedikan di tempat-tempat strategis dan juga di setiap pojok lingkungan sekolah sehingga siswa mudah mengaksesnya.

Baca juga: Viral Siswi SMK di KBB Meninggal setelah Jadi Korban Bully Selama 3 Tahun, Keluarga Angkat Bicara

2. Cara yang kedua adalah siswa menginstal aplikasi Si Andung di handphonenya masing-masing. Setiap siswa memiliki satu akun untuk memberikan aduan dan diarahkan untuk mengisikan username dan password. Username dan password menggunakan nomor NISN yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Fitur dalam aplikasi SiAndung Esmaku meliputi Aduan Perundungan, Praktik baik dan Curhat.

Peran Guru BK



Guru BK sebagai admin mengecek setiap hari aplikasi SiAndung apakah ada aduan dari siswa/ tidak.

Setelah itu aduan akan masuk di sistem dan ditindak lanjuti oleh guru BK melalui layanan responsif yaitu pemberian layanan konseling individu yang dilakukan oleh guru BK di ruang konseling secara tatap muka dalam rangka pengentasan masalah pribadi, belajar, sosial dan karier siswa.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More