Menuju Generasi Emas 2045, Menparekraf Ajak Pemuda Bersatu, Berdaya, dan Berkarya

Senin, 05 Agustus 2024 - 13:26 WIB
Selanjutnya, berdaya adalah dasar keberanian bertindak, kemampuan beradaptasi, serta ketahanan untuk berkolaborasi dalam menghadapi rintangan. Terakhir, tanpa berkarya, pemuda tidak akan mampu mencapai Indonesia Emas 2045.

“Indonesia Emas 2045 juga akan dicapai dengan ‘3Si’ yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi sebagai tulang punggung kemajuan,” tambahnya.

Setelah Menteri membuka secara seremonial rangkaian kegiatan FOR 13, selanjutnya para peserta diajak mengikuti acara perdana yakni Meet The CEO. Acara pertama ini merupakan talkshow bersama Agus Mashud S Asngari, Presiden Direktur Pertamina Foundation.

Buku Esai Pemuda FOR 13

FOR berjalan sejak 2009 dan merupakan kegiatan tahunan ISYF dalam mengumpulkan pelajar tingkat SMA di seluruh Indonesia. Para pemuda itu diajak berdiskusi, berbagi pengalaman dengan menyampaikan berbagai ide, gagasan, dan inovasi, baik antar pelajar maupun dengan pihak lainnya.

Peserta FOR 13 diwajibkan untuk membuat esai dengan empat tema besar yakni pendidikan, lingkungan, sosial-politik, dan kewirausahaan. Esai para peserta yang terpilih dalam Forum Pelajar Indonesia ke-13 tersebut telah dibukukan dalam antologi bertajuk “Gagasan Pelajar untuk Indonesia Emas”. Selain menyelesaikan esai, para peserta FOR 13 juga melewati tahap seleksi dalam bentuk pembuatan video setelah lolos syarat pemberkasan yang dibuka melalui website.

Tahun ini pendaftar FOR 13 mencapai 1.215 pelajar yang berarti meningkat 52% dibanding jumlah pendaftar FOR 12 yang diselenggarakan Desember 2023 lalu. Dari seluruh pendaftar tersebut, dipilih 200 peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, namun hanya 196 pelajar yang bisa berangkat ke Jakarta.

Selama acara berlangsung, peserta FOR 13 saling bertukar pikiran dan pengalaman terkait isu-isu penting di Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga diberi kesempatan untuk menyampaikan keresahan dan aspirasinya kepada para pemangku kebijakan melalui forum terbuka.

Ketua Pelaksana FOR 13, Putra Ansa Gaora, berharap kegiatan ini bisa memupuk rasa persatuan di antara para pelajar. “Kami harap rangkaian kegiatan FOR 13 dapat menguatkan daya saing antar pelajar serta mendorong mereka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia menuju Generasi Emas 2045,” ujar Putra.

Beberapa kegiatan utama yang diikuti oleh peserta antara lain lain Opening Ceremony, Goverment Visit, Youth Against Corruption, Focus Grup Discussion, Wisdom Talk, Ministerial Speak, Meet The CEO, Meet The Leader, Meet The General, Hi Alumni, Youth Cultural Performance,Konser Pemuda. Forum Pelajar Indonesia ke-13 ditutup dengan inagurasi dan deklarasi “Merah Putih Gayaku”.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More