Mengenal Menteri Agama Prof Nasaruddin Umar, Alumni Terbaik UIN Jakarta

Senin, 21 Oktober 2024 - 11:04 WIB
Baca juga: Prabowo Angkat Abdul Mu'ti Jadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Ini Profil Pendidikannya

Nasaruddin Umar lalu menempuh Pendidikan Guru Agama (PGA) selama empat tahun di Pesantren As'adiyah Sengkang dan PGA 6 tahun di pesantren yang sama.

Nasaruddin mengambil gelar sarjana muda di Fakultas Syariah IAIN Alauddin Ujung Pandang pada tahun 1980 dan pada tahun 1984 ia menjadi sarjana Teladan di kampus tersebut.

Nasaruddin kemudian melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar S2 tanpa membuat tesis di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta) pada tahun 1990-1992.

Nasaruddin kemudian mengambil gelar S3 di UIN Jakarta dengan disertasi bertajuk Perspektif Gender dalam Al-Qur’an pada 1993-1998. Ia kemudian menjadi alumni terbaik UIN Jakarta.

Nasaruddin Umar pernah mengikuti pertukaran pelajar di Mcgill University di Kanada pada tahun 1993/2995 dan mengikuti sandcwich program di universitas Paris pada tahun 1995.

Anggota tim penasehat Inggris-Indonesia yang didirikan mantan perdana meneri Inggris Tony Bliar ini dikukuhkan menjadi Guru Besar bidang Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta pada 12 Januari 2004.

Mantan dirjen di Kemenag ini pernah melakukan penelitian kepustakaan di beberapa perguruan tinggi di Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Belanda, Belgia, Italia, Ankara, Istanbul, Srilanka, Korea Selatan, saudi Arabia, Mesir, Abu Dhabi, Yordania, Palestina, dan Singapore, Kuala Lumpur, Manila.

Demikian profil Menteri Agama Prof Nasaruddin Umar yang resmi dilantik hari ini, Senin (21/10/2024). Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More