Jurusan IPS Bisa Masuk Fakultas Apa Saja? Daftar Ini Bisa Dipertimbangkan

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 13:59 WIB
1. Ilmu Komunikasi

Walaupun berbeda-beda di setiap kampus, Ilmu Komunikasi cenderung masuk ke dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Ilmu Komunikasi secara umum adalah salah satu jurusan yang diminati oleh karena hampir semua perusahaan akan memerlukan lulusan dari jurusan ini.

Jurusan ini cocok bagi kalian yang minat dengan public speaking, fotografi, sinematografi, penulisan berita, maupun pembuatan film. Prospek pekerjaan sebagai lulusan jurusan ini tak jauh dari jurnalis, reporter, presenter, advertising, pemasaran, komunikasi bisnis, PR/Public Relations, event organizer, dan lain-lain.

2. Ilmu Hubungan Internasional

Kalau kalian tertarik dengan jurusan yang mungkin bisa memberikan kesempatan untuk bekerja di luar negeri, Ilmu Hubungan Internasional bisa kalian pertimbangkan. Hubungan Internasional secara umum mempelajari tentang hubungan diplomasi antar negara, konflik internasional, perdagangan atau ekonomi internasional, sejarah dunia, hingga perdamaian dunia.

Prospek pekerjaan sebagai lulusan Hubungan Internasional tak jauh dari duta besar, konsultan internasional, politikus, wartawan, international relations officer, dan banyak peluang pekerjaan lainnya.

3. Ilmu Politik

Ilmu Politik cocok bagi kalian yang mungkin suka dengan isu politik secara nasional. Mulai dari aspek politik di tingkat lokal maupun di tingkat nasional. Ilmu Politik pada umumnya belajar mengenai sistem politik, struktur kelembagaan, proses pengambilan keputusan politik, partai politik, dan pergerakan politik secara nasional.

Prospek pekerjaan lulusan jurusan ini biasa bekerja di bidang peneliti politik, politikus/pemerintahan, legislatif, hubungan masyarakat, aktivis organisasi masyarakat, atau bahkan jurnalis politik.

4. Jurnalistik
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More