Peringatan 100 Tahun Pendidikan Tinggi Hukum di Indonesia, ILUNI FHUI Gelar Pameran Seni

Minggu, 27 Oktober 2024 - 20:26 WIB
“Benda-benda disusun dengan sistematis untuk menciptakan keteraturan dan makna. Setiap koleksi seni mencerminkan perjalanan pribadi dan visi unik seorang kolektor,” imbuhnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, mengoleksi adalah sebuah proses yang kaya akan makna, bukan sekadar akumulasi benda. Melalui koleksi, menurutnya, para kolektor berupaya menciptakan keteraturan, menemukan hubungan antar-objek, dan membangun narasi yang membantu memahami dunia.

“Karya-karya yang dipamerkan di sini mencerminkan tidak hanya minat estetika, tetapi juga hubungan mendalam antara kolektor dan karya seni,” ujarnya.

“Yang membedakan Alumni FHUI Art Collector’s Show dari pameran lainnya adalah bahwa karya-karya seni yang dipamerkan berasal langsung dari koleksi pribadi para alumni pecinta seni,” imbuhnya.

Ia menuturkan, pameran ini tidak ditujukan untuk tujuan komersial, tapi untuk memberikan apresiasi yang murni terhadap karya seni dan memperlihatkan ragam karya yang menjadi objek koleksi mereka.

“Pameran ini adalah kegiatan pro-bono yang menampilkan karya-karya koleksi alumni FHUI, yang berbicara tentang nilai-nilai, pengalaman hidup, serta aspirasi para kolektornya,” ungkapnya.

“Bagi para kolektor, karya seni bukan sekadar kumpulan objek, objek-objek ini dimaknai sebagai upaya untuk menjaga memori dari pelupaan, mengekspresikan identitas, serta menyampaikan pandangan mereka terhadap dunia yang terus berubah,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu alumni FHUI yang juga Wakil Ketua MPR RI Mohammad Eddy Dwiyanto Soeparno menyatakan dirinya memiliki koleksi yang merupakan berupa lukisan Bunga Sepatu yang merupakan peninggalan dari orang tua.

“Saya baru mengetahui bahwa lukisan itu memiliki nilai sejarah dan berumur setelah orang tuanya meninggal,” ungkapnya.

Lukisan dengan tema Bunga Sepatu itu dibuat oleh pelukis sekaligus menjadi Kurator Istana Dullah yang dibuat pada tahun 1919.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More