Tak Hanya Menjadi Pustakawan, Ini Keunggulan Prodi Ilmu Perpustakaan

Kamis, 29 April 2021 - 15:45 WIB
Semua perusahaan memiliki dokumen atau arsip penting yang harus dikelola. Pengelolaan dokumen atau arsip bertujuan agar perusahaan dapat dengan mudah menemukan informasi atau yang dikenal dengan information retrieval.

3. Instansi Pemerintah

Lulusan ilmu perpustakaan memiliki peluang untuk bergabung pada instansi pemerintah sebagai PNS atau ASN. Bisa dilihat bahwa saat ini banyak instansi pemerintah membuka lowongan calon PNS untuk lulusan ilmu perpustakaan. Hal ini dikarenakan setiap instansi pemerintah memiliki lembaga informasi sendiri yang membutuhkan lulusan ilmu perpustakaan untuk mengelolanya.

4. Administrasi

Alasan perusahaan membutuhkan lulusan ilmu perpustakaan pada bagian administrasi karena lulusan ini sangat ahli dalam mengolah data dan menyampaikan suatu informasi baik lisan dan tulisan.

5. Pustakawan

Pustakawan pada perpustakaan modern bisa membuat berbagai macam acara diluar perpustakaan. Seperti taman baca atau gerakan literasi informasi.

Ditjen Dikti juga merangkum beberapa perguruan tinggi negeri yang menyediakan program studi ilmu perpustakaan untuk jenjang S1, seperti:

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Padjajaran

3. Universitas Diponegoro

4. Universitas Sebelas Maret

5. Universitas Airlangga

6. Universitas Brawijaya

7. Universitas Sumatera Utara.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More