Belajar Daring, Jangan Sampai Anak Jadi 'Cacing Kepanasan'

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 15:04 WIB
Sekadar diketahui, gamivication (gamifikasi) adalah penggunaan dari teknik desain permainan, permainan berpikir dan permainan mekanik untuk meningkatkan non-game konteks. Biasanya gamifikasi berlaku untuk non-game aplikasi dan proses, untuk mendorong orang, untuk mengadopsi mereka, atau untuk memengaruhi bagaimana mereka digunakan.



"Anak-anak itu dalam pendidikan dasar jauh lebih cepat memahami dalam bentuk permainan, lebih cepat menghafalkan, mengerti memahami, jadi dibuat game. Nanti kalau kamu begini hasilnya aktor dari game itu akan begini, poin yang kamu capai tidak akan tinggi," terangnya.

"Tetapi kalau kamu melakukan jalan dengan benar, poinnya akan tinggi seperti itu. Jadi akan mengarah ke sana," imbuh dia.

Sementara untuk anak-anak yang masuk jenjang SMP dan SMA, dinilai telah bisa memahami penggunaan gadget untuk belajar daring. Meski demikian, materi pembelajaran juga mesti dilakukan menarik agar anak-anak tak jenuh menatap layar.

"Kalau selepas SMA masuk kuliah ini juga transisi. Mereka masih harus beradaptasi, disiplinnya harus tinggi karena sudah mulai berhadapan dengan realita. Kalau tidak melakukan ini, maka akan mengalami hal yang negatifnya begini. Jadi tanggung jawabnya, kesadaran, disiplin diri, berbagai macam hal," tutup dia.
(mpw)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More