Mahasiswa Baru? Ini Hal Wajib yang Harus Disiapkan Saat Kuliah

Kamis, 30 September 2021 - 05:55 WIB
Mengikuti Ospek

Mirip seperti Masa Orientasi Siswa (MOS) ketika kamu masuk SMA. Sebelum menghadapi kegiatan kuliah, kamu diwajibkan mengikuti Ospek untuk mengenal kehidupan kampus. Ospek biasanya berlangsung selama satu minggu, tergantung dari kebijakan masing-masing kampus. Di kegiatan ini, semua mahasiswa baru akan diberikan informasi tentang universitas, jurusan, fakultas, mekanisme perkuliahan hingga organisasi yang ada di kampus.

Seperti MOS, saat Ospek, kamu juga akan mengikuti serangkaian kegiatan. Beberapa kampus masih menerapkan Ospek dengan aturan-aturan unik yang terkesan mengerjai mahasiswa baru. Tapi, jangan khawatir, semua itu hanya untuk menyiapkan mental kamu sebagai mahasiswa baru.

Beradaptasi dengan Lingkungan Kampus

Walaupun saat Ospek kamu sudah diberikan informasi lengkap tentang kampus, fasilitas hingga dosen yang mengajar di jurusan yang kamu pilih, kamu tetap harus beradaptasi dengan lingkungan kampus. Kenalilah kehidupan kampus dan sekitarnya.

Misalnya, saat pertama masuk kuliah, ada baiknya jika kamu mengunjungi ruang tata usaha (TU) untuk mengetahui mekanisme perkuliahan, cara mengurus Kartu Rencana Studi (KRS), cara mengecek nilai, mengurus kartu perpustakaan, hingga aturan cara berpakaian yang diizinkan oleh kampus.

Bagi kamu yang berkuliah di luar kota atau luar daerah, wajib hukumnya untuk mengetahui kondisi lingkungan di sekitar kampus. Mulailah menerapkan tips memilih kos yang strategis, mencari tahu moda transportasi yang bisa digunakan, hingga memetakan fasilitas yang tersedia di sekitar kampusmu.

Selama berkuliah, kamu akan sering berurusan dengan tempat fotokopi, tempat print dokumen, toko perlengkapan tulis dan sebagainya. Kamu juga harus mencari tahu lokasi ATM terdekat, hingga tempat makan favorit mahasiswa.

Menjalin Relasi Seluas-Luasnya

Momen kuliah dapat menjadi saat yang tepat untuk menjalin relasi seluas-luasnya. Karena, saat berkuliah kamu tentu akan menemukan berbagai karakter mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan, daerah, minat dan bakat hingga ketertarikan terhadap kegiatan kemahasiswaan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More