6 Jenis Profesi Jurusan IPA dengan Gaji Ratusan Juta

Selasa, 26 Oktober 2021 - 11:50 WIB
Beberapa faktor yang mempengaruhi gaji profesi ini adalah latar belakang studi, tingkat perusahaan, dan portofolio yang bersangkutan.

Bagi mahasiswa fresh graduate dan berkesempatan bergabung dengan perusahaan besar, perkiraan gaji standar yang bisa didapatkan mulai Rp4 juta sampai Rp5 juta. Setelah mempunyai pengalaman beberapa tahun, umumnya penghasilan arsitektur bisa mencapai Rp7 juta-an.

Kemudian untuk tingkat manajer, standar gajinya bisa menyentuh minimal Rp15 juta. Seorang arsitektur terkemuka dengan pengalaman berkarya yang panjang bahkan bisa menetapkan harga ratusan juta rupiah untuk jasa rancangan gedungnya.

3. Teknik Perminyakan

Sudah rahasia umum jika Teknik Perminyakan adalah jurusan kuliah IPA yang menjanjikan. Para alumni dari jurusan ini bisa mencari nafkah pada industri migas dan pertambangan yang memang banyak tersedia di Tanah Air.

Standar gaji paling sedikit Rp8 juta sampai Rp15 juta untuk pegawai yang baru lulus. Sementara sebagai karyawan senior berkesempatan mendapat gaji mulai Rp30 juta-an.

4. Teknik Sipil

Jurusan IPA SMA memang difavoritkan karena merupakan langkah awal untuk melanjutkan studi di prodi-prodi terkemuka perguruan tinggi. Salah satunya adalah Teknik Sipil yang memberi kesempatan mengantongi hingga belasan juta rupiah per bulan. Syaratnya proyek bangunan yang dikerjakan adalah proyek-proyek raksasa.

Tugas seorang Teknisi Sipil adalah membuat perencanaan, mendesain, serta memonitor konstruksi, struktur, dan fasilitas pada suatu proyek bangunan. Sebagai seorang junior yang baru menyelesaikan studi, fresh graduate akan mendapatkan gaji mulai Rp4 juta.

5. Farmasi
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More