Sering Malas? Ini Dia Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasi Malas yang Harus Kamu Ketahui

Rabu, 27 Oktober 2021 - 15:42 WIB
Malas Akibat Kurang Motivasi

Jenis dan penyebab rasa malas yang satu ini mungkin yang paling sering kamu temui. Biasanya, malas akibat kurang motivasi dipengaruhi oleh lingkungan dan pergaulanmu, lho. Maka dari itu, hati-hatilah ketika menjelaskan cita-cita atau keinginanmu kepada orang lain. Karena, tak selamanya mereka mau mendukung dan merespon positif cita-cita yang kamu impikan.

Misalnya, ketika kamu menjelaskan bahwa kamu ingin masuk kampus PTN ternama kepada teman yang gemar bermain game. Karena, kurang paham, mereka mungkin akan meremehkan impianmu. Akibatnya, kamu bisa kehilangan motivasi belajar karena direndahkan oleh temanmu.

Namun, tenang, rasa malas yang satu ini masih bisa kamu kelola sendiri tanpa bantuan profesional, kok. Caranya, jika kamu mulai kehilangan motivasi belajar, temukan alasan yang membuat kamu kehilangan motivasi tersebut. Setelah itu, tinggalkan masalah tersebut dan carilah topik yang bisa membuat kamu termotivasi.

Contohnya seperti yang tadi dijelaskan, ketika temanmu terkesan merendahkan ketika kamu menjelaskan impianmu, mulai dari sekarang, hindari membicarakan hal yang berhubungan dengan impianmu kepada mereka. Kamu, masih tetap bisa berteman baik dengan mereka, namun jangan pernah meminta saran kepada mereka untuk mewujudkan impianmu. Jangan takut dijauhi, karena masih banyak teman lain atau komunitas yang satu frekuensi dengan pemikiranmu.

Malas Karena Kelelahan

Selain lingkungan sekitar yang mempengaruhi mental, rasa malas juga bisa muncul karena fisik yang terlalu lelah, lho. Kamu pernah mendengar istilah burn out kan? Bagi para siswa seperti kamu, mengalami burn out akibat belajar terlalu lama, dapat menyebabkan kelelahan fisik, lho. Akibatnya bisa fatal, karena semua materi yang sudah kamu pelajari bisa seketika hilang, sehingga kamu akan malas mengulang semua materi tersebut dari awal.

Ingat, kapasitas fisik kita ada batasannya. Jadi, jangan pernah menganggap bahwa belajar terlalu sering bisa membawa dampak yang baik bagi prestasi. Jika fisik kamu mulai lelah, kamu tak hanya kesulitan menyerap materi pelajaran, kamu juga akan mengalami pengurangan nafsu makan hingga nyeri otot, lho. Jadi, mulai sekarang, jika kamu merasa lelah saat belajar, tutup buku dan materi pelajaran, lalu segeralah beristirahat. Dengan beristirahat, tubuhmu akan lebih bugar sehingga kamu lebih mudah mempelajari materi yang baru.

Malas Karena Cuaca

Satu lagi jenis dan penyebab rasa malas yang tidak bisa dihindari. Perubahan suhu atau cuaca di sekitarmu bisa berdampak pada minat dan semangat belajar, lho. Misalnya ketika cuaca sedang panas, kamu tentu susah berkonsentrasi ketika tubuh kamu berkeringat karena kepanasan, kan?
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More