Sering Malas? Ini Dia Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasi Malas yang Harus Kamu Ketahui

Rabu, 27 Oktober 2021 - 15:42 WIB
loading...
Sering Malas? Ini Dia Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasi Malas yang Harus Kamu Ketahui
Sematang apapun rencana yang kamu buat, kamu akan kehilangan selera melakukannya ketika malas datang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sematang apa pun rencana yang kamu buat, kamu akan kehilangan selera melakukannya ketika rasa malas datang kan? Walhasil, bukannya melakukan rencana yang sudah disusun, kamu malah rebahan seharian. Sebenarnya, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa malas, lho. Nah, agar lebih mudah, ada baiknya jika kamu mengetahui dulu jenis dan penyebab rasa malas yang sering kamu rasakan. Yuk, baca penjelasannya di artikel ini!

Jenis Rasa Malas, Penyebab dan Cara Mengatasinya
Sesekali, menuruti rasa malas untuk rebahan sebenarnya tidak apa-apa. Namun, jika dibiarkan terus, lama-lama akan menjadi kebiasaan yang justru merugikan, lho. Apalagi buat kamu yang saat ini sedang fokus meningkatkan prestasi belajar, atau mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2022 mendatang. Malas yang menjadi kebiasaan bisa membuat rencana belajar yang kamu susun berantakan.



Agar lebih mudah mengatasinya, sebenarnya ada beberapa jenis dan penyebab rasa malas yang bisa kamu pelajari. Seperti yang pernah dijelaskan Rousyan Fikri, CEO Bimbel Online Pahamify di cuitan Twitternya, ada sejumlah rasa malas yang paling sering kita alami dalam keseharian. Apa saja itu?

Malas Akibat Depresi
Sesuai namanya, jenis malas yang satu ini disebabkan oleh depresi. Kamu tentu sudah tahu kan apa itu depresi? Ya, betul sekali, depresi terjadi akibat perasaan cemas dan frustasi yang berlebihan. Tak hanya membuat kamu mudah menyerah karena cemas, depresi ternyata membuat penderitanya cenderung merasa malas.

Biasanya, malas yang diakibatkan depresi ini sangat intensif dan berlangsung lama. Jika kamu mengalami malas akibat depresi, kamu bisa kehilangan minat belajar, mudah sedih karena perasaan bersalah, yang akhirnya membuat konsentrasi terganggu. Sayangnya, kata Fikri, jenis dan penyebab rasa malas yang satu ini sangat jarang disadari penderitanya.



Jika kamu merasa mengalami rasa malas akibat depresi, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada profesional seperti psikolog atau dokter. Jangan pernah melakukan self diagnostic karena dapat berpengaruh buruk pada kondisi mentalmu.

Malas Akibat Kurang Motivasi
Jenis dan penyebab rasa malas yang satu ini mungkin yang paling sering kamu temui. Biasanya, malas akibat kurang motivasi dipengaruhi oleh lingkungan dan pergaulanmu, lho. Maka dari itu, hati-hatilah ketika menjelaskan cita-cita atau keinginanmu kepada orang lain. Karena, tak selamanya mereka mau mendukung dan merespon positif cita-cita yang kamu impikan.

Misalnya, ketika kamu menjelaskan bahwa kamu ingin masuk kampus PTN ternama kepada teman yang gemar bermain game. Karena, kurang paham, mereka mungkin akan meremehkan impianmu. Akibatnya, kamu bisa kehilangan motivasi belajar karena direndahkan oleh temanmu.

Namun, tenang, rasa malas yang satu ini masih bisa kamu kelola sendiri tanpa bantuan profesional, kok. Caranya, jika kamu mulai kehilangan motivasi belajar, temukan alasan yang membuat kamu kehilangan motivasi tersebut. Setelah itu, tinggalkan masalah tersebut dan carilah topik yang bisa membuat kamu termotivasi.

Contohnya seperti yang tadi dijelaskan, ketika temanmu terkesan merendahkan ketika kamu menjelaskan impianmu, mulai dari sekarang, hindari membicarakan hal yang berhubungan dengan impianmu kepada mereka. Kamu, masih tetap bisa berteman baik dengan mereka, namun jangan pernah meminta saran kepada mereka untuk mewujudkan impianmu. Jangan takut dijauhi, karena masih banyak teman lain atau komunitas yang satu frekuensi dengan pemikiranmu.

Malas Karena Kelelahan
Selain lingkungan sekitar yang mempengaruhi mental, rasa malas juga bisa muncul karena fisik yang terlalu lelah, lho. Kamu pernah mendengar istilah burn out kan? Bagi para siswa seperti kamu, mengalami burn out akibat belajar terlalu lama, dapat menyebabkan kelelahan fisik, lho. Akibatnya bisa fatal, karena semua materi yang sudah kamu pelajari bisa seketika hilang, sehingga kamu akan malas mengulang semua materi tersebut dari awal.

Ingat, kapasitas fisik kita ada batasannya. Jadi, jangan pernah menganggap bahwa belajar terlalu sering bisa membawa dampak yang baik bagi prestasi. Jika fisik kamu mulai lelah, kamu tak hanya kesulitan menyerap materi pelajaran, kamu juga akan mengalami pengurangan nafsu makan hingga nyeri otot, lho. Jadi, mulai sekarang, jika kamu merasa lelah saat belajar, tutup buku dan materi pelajaran, lalu segeralah beristirahat. Dengan beristirahat, tubuhmu akan lebih bugar sehingga kamu lebih mudah mempelajari materi yang baru.

Malas Karena Cuaca
Satu lagi jenis dan penyebab rasa malas yang tidak bisa dihindari. Perubahan suhu atau cuaca di sekitarmu bisa berdampak pada minat dan semangat belajar, lho. Misalnya ketika cuaca sedang panas, kamu tentu susah berkonsentrasi ketika tubuh kamu berkeringat karena kepanasan, kan?

Begitu pula jika suhu berubah menjadi terlalu dingin. Udara dingin yang berhembus cenderung membuat kita mengantuk dan malas melakukan sesuatu. Jika sudah begini, tidak ada tips mengatasi rasa malas yang bisa kamu lakukan, selain pasrah dan menunggu hingga kondisi kembali kondusif, atau melawan rasa malas yang kamu rasakan.

Malas Karena Terlalu Cerdas
Sebagian besar dari kamu mungkin bertanya, apa ada orang cerdas yang malas? Jawabannya, tentu saja ada. Bahkan sering kali kita dengar perkataan tentang orang cerdas memiliki kecenderungan malas. Sebenarnya bukan karena mereka enggan melakukan sesuatu, orang yang cerdas justru memiliki cara untuk menghindari aktivitas yang merepotkan. Itulah mengapa mereka terkesan malas.

Orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata bisa diartikan sebagai over power. Sehingga, mereka terkesan menghindari hal-hal yang dilakukan banyak orang, seperti belajar misalnya. Karena mereka menganggap semua materi dapat dengan mudah dikuasai. Namun tetap saja, jika kamu merasa dalam golongan orang seperti ini, kebiasaan malas bisa menjadi boomerang di kemudian hari lho.

Jadi, jika kamu merasa malas melakukan sesuatu karena kamu sudah menemukan cara atau jawabannya, gunakanlah kecerdasanmu untuk menemukan hal yang lebih menantang. Sehingga kamu akan merasa tertantang untuk menyelesaikan misi yang lebih sulit.

Nah, itulah beberapa jenis dan penyebab rasa malas hingga cara mengatasinya. Semoga ulasan ini dapat membantu kamu semakin produktif ya. Yuk, temukan artikel edukasi menarik lainnya di SINDOnews.com.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2938 seconds (0.1#10.140)