Pakar UGM Bagikan 8 Kunci Menjaga Gula Darah Tetap Stabil bagi Penderita Diabetes

Sabtu, 06 November 2021 - 14:40 WIB


3. Susun pengaturan dan pola makanan

Setelah memperhatikan kebutuhan kalori, kata Lastdes, barulah pengaturan makanan disusun dengan memperhatikan indeks glikemik. Indeks glikemik sendiri ditentukan berdasarkan kandungan karbohidrat dan kandungan seratnya. Makanan tinggi serat lazim memiliki indeks glikemik lebih rendah.

4. Konsumsi jagung ketimbang nasi, atau pilih nasi berwarna

Lastdes menyarankan penderita diabetes agar mengonsumsi jagung ketimbang nasi. Bisa juga mengonsumsi nasi berwarna. “Dibanding beras putih, pilihlah nasi yang berwarna, misalnya nasi coklat, nasi merah, dan nasi hitam,” kata dosen FKKMK UGM ini.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi bukannya tidak dapat dikonsumsi, tetapi harus diperhatikan. Misalnya, Lastdes melarang penderita diabetes mengonsumsi pisang setelah makan karena berbahaya bagi penderita diabetes.

5. Konsumsi mangga, jeruk, wortel apel, dan anggur

Meski begitu bukan berarti penderita tidak dapat menikmati buah. “Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah dan aman dikonsumsi penderita diabetes adalah mangga, jeruk, wortel, apel, anggur dan sebagainya,” katanya.

6. Merebus makanan

Lalu bagaimana agar penderita diabetes tetap dapat menikmati makanan enak, tanpa harus khawatir gula darah naik? Dosen FKKMK UGM itu menganjurkan untuk merebus bahan makanan begitu saja, seperti membuat sayur sop dan arsik ikan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More