Ini 10 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Kamis, 09 Desember 2021 - 19:14 WIB
5. Membaca

Ada sebuah penelitian pada tahun 2015 yang menunjukkan, ketika seseorang membaca, seluruh bagian di otaknya akan terstimulasi dan neuron-neuron di dalamnya akan saling terkoneksi. Ini karena kegiatan membaca mencakup sejumlah fungsi kognitif, yaitu prediksi, fokus, memori jangka panjang, analisis abstrak, dan sebagainya.

Saat membaca, bagian-bagian dalam otak yang berfungsi dalam penalaran dapat saling terhubung dan manfaatnya dapat dirasakan hingga beberapa hari. Artinya, ada efek jangka panjang yang didapatkan.

6. Terus Menerus Belajar

Belajar secara berkelanjutan dikatakan dapat menaikkan fungsi kognitif sekaligus melindungi otak. Beberapa kegiatan belajar yang bisa dilakukan dengan mudah misalnya:

- Mendengar podcast

- Menghadiri workshop atau seminar

- Melakukan hobi baru

- Belajar bahasa baru

- Membaca suatu topik baru.

Belajar secara berkelanjutan dikatakan dapat menaikkan fungsi kognitif sekaligus melindungi otak. Beberapa kegiatan belajar yang bisa dilakukan dengan mudah, misalnya:

- Mendengar podcast

- Menghadiri workshop atau seminar

- Melakukan hobi baru

- Belajar bahasa baru

- Membaca suatu topik baru.

7. Bersosialisasi

Ternyata, bersosialisasi juga dapat mempertajam kesehatan mental. Kenapa demikian?

Penelitian di tahun 2018 menyatakan, kegiatan bersosialisasi dapat menstimulasi pikiran. Kegiatan bersosialisasi yang dimaksud juga ada banyak bentuknya, misalnya mengambil kursus, bergabung dengan kegiatan relawan, silaturahmi dengan teman lama, nongkrong dan sebagainya.

8. Meditasi

Studi yang dilakukan di tahun 2019 menghasilkan kesimpulan, pasca partisipan melakukan meditasi 13 menit selama 8 minggu, ada peningkatan fokus, memori, dan rekognisi. Lalu, gangguan kecemasan dan suasana hati juga semakin baik. Para peneliti menduga, manfaat kognitif tersebut didapat dari perbaikan emosional melalui meditasi.

9. Tidur Cukup

Ketika kita tidur, otak akan memperkuat ingatan yang didapatkan seharian. Tidur juga bermanfaat pada kemampuan otak mempelajari informasi baru ketika kita terbangun.

Faktanya sebuah riset di tahun 2019 menemukan, penurunan waktu tidur walaupun sedikit dapat berakibat buruk pada memori.

10. Olahraga

Olahraga ringan mampu mendukung kerja otak bagian hippocampus, sekaligus memperbesar volumenya. Bagian otak ini bertanggung-jawab dalam fungsi ingatan.

Demi mendapatkan manfaat ini, disarankan agar olahraga dilakukan secara teratur. Kabar baiknya, kita tidak perlu olahraga berat untuk mendapat manfaat tersebut. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah yoga, jalan santai, dan sebagainya.

Itu dia beberapa kebiasaan mudah yang bisa meningkatkan kecerdasan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More