Tertarik Masuk Jurusan Hubungan Internasional di SNMPTN 2022, Ini Peluang Kerjanya

Senin, 14 Februari 2022 - 17:46 WIB
2. Staf Kedutaan

Staf Kedutaan merupakan salah satu prospek kerja dengan gaji lulusan Hubungan Internasional yang sangat menarik. Staf Kedutaan juga banyak bagiannya karena akan bekerja dengan mengamati serta melaporkan iklim politik negara tujuan pada pemerintah negara dan warga negara asal yang sedang bepergian ke negara tujuan.

Lapangan pekerjaan lainnya, Staf Ekonomi yang tugasnya adalah bekerja mengatasi masalah ekonomi antara negara asal dan tujuan seperti negosiasi pajak, salah satunya. Sebagai staf kedutaan, gaji yang diberikan bisa melampaui standar UMR dan bahkan digaji per jam dengan skala mata uang dollar.

3. Government Relations Officer

Lulusan Hubungan Internasional juga dibutuhkan untuk bekerja sebagai government relations officer di perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia. Biasanya pekerjaan ini menghubungkan antara klien tempat government relations officer bekerja dengan pemerintah.

Professional dibidang ini akan berdiskusi dengan para politisi di berbagai tingkatan pemerintahan dengan tujuan untuk mempengaruhi legislatif dalam membuat kebijakan yang terkait dengan bisnis klien tersebut ataupun meminta dana dari pemerintah.

Pengetahuan luas akan kepentingan negara dan juga kemampuan diplomasi sangat dibutuhkan untuk menjadi Government Relations Officer. Gaji yang didapatkan dengan berkecimpung dalam pekerjaan ini bisa berkisar mulai 5 hingga belasan juta rupiah.

4. Konsultan Internasional

Tugas dari konsultan internasional adalah membantu perusahaan dalam menjawab berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan prospek aktivitas perusahaan tersebut di pasar internasional.

Konsultan internasional dapat bekerja dengan klien dalam suatu proyek yang spesifik di berbagai bidang, seperti manajemen, market research, sumber daya manusia, corporate strategy, teknik, IT, dan masih banyak lainnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More