Harus Tahu, Ini 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Selalu Dibutuhkan di Masa Depan

Senin, 07 Maret 2022 - 17:12 WIB
5. Matematika

Sama seperti di sekolah, di jurusan ini akan banyak bertemu dengan angka dan data, seperti mata kuliah Kalkulus, Aljabar, Geometri dan sebagainya.

Lulusan dari jurusan ini diperkirakan akan terus dibutuhkan di masa datang karena matematika adalah ilmu yang paling mendasar dalam pengolahan big data. Bahkan sejak tahun 2020, telah terjadi kenaikan permintaan profesional di bidang matematika dan diperkirakan akan terus meningkat.

6. Statistika

Meskipun banyak orang yang menganggap jurusan ini menyeramkan, kenyataannya lulusan ini banyak dicari oleh perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Bisa dibilang Statistika adalah jurusan yang diperlukan di semua sektor.

Jurusan ini mempelajari cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis angka menjadi data atau kata kuncinya adalah big data. Big data adalah kumpulan data kompleks yang diperoleh dari internet, media sosial, dan smartphone yang digunakan untuk kepentingan bisnis.

Namanya juga “big data,” sudah pasti jumlahnya sangat besar. Proses pengolahannya pun rumit dan memerlukan banyak waktu. Oleh sebab itu, diperlukan seseorang yang ahli Statistika untuk mengolah data tadi menjadi sebuah informasi. Dasar-dasar serta alur pengolahan data bakal dipelajari jika masuk jurusan ini.

Mata kuliah yang akan ditemui biasanya terdiri dari Matematika Dasar, Aljabar, Teori Probabilitas, Data Mining, Metode Survei, serta Analisis Regresi dan Multivariat. Kamu juga perlu memahami bahasa pemrograman seperti SQL, Phyton atau R Language.

Saat ini, lulusan Statistika banyak berkarir sebagai Data Scientist. Profesi ini bertanggung jawab untuk memproses dan mengolah big data yang terkumpul di suatu perusahaan.

Setelah diolah, Data Scientist akan menarik kesimpulan. Selain itu, mereka bereksperimen untuk membuktikan saran apa yang cocok diterapkan bagi perkembangan model bisnis perusahaan mereka bekerja.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More