5 Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia

Kamis, 16 Juni 2022 - 13:08 WIB
3. Instansi Pemerintah

4. Instansi Pendidikan

5. Instansi / lembaga penelitian

6. Bank

7. Wirausaha

Bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan mengambil jurusan Teknik Kimia, berikut ini lima PTN dengan jurusan Teknik Kimia yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Mulai tahun 2003, program studi Teknik Kimia membuka jalur studi baru, sehingga menjadikan program studi Teknik Kimia terdiri atas tiga jalur studi baru, yaitu TKU (Teknologi Kimia Umum), BP (Bioproses), dan TP (Teknologi Pangan). Program studi Teknik Kimia membutuhkan kemampuan dasar berupa pengetahuan fisika, kimia, matematika dan biologi (khusus untuk jalur studi bioproses dan teknologi pangan).

Baca juga: IPB Satu-satunya Universitas di Indonesia Masuk Ranking Dunia Bidang Lingkungan

Laman ITB menyebutkan, sarjana Teknik Kimia pada prakteknya akan diminta untuk merancang proses pabrik yang baru ataupun memperbaiki proses yang telah ada. Pada awalnya, sarjana Teknik Kimia memulai pekerjaan dengan perancangan neraca massa yang terjadi dalam proses suatu pabrik. Pada tahap ini, dapat dicari kapasitas produksi, berapa bahan baku yang dibutuhkan, hingga akhirnya berapa jumlah produksi barang yang dihasilkan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More