5 Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia

Kamis, 16 Juni 2022 - 13:08 WIB
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Laman UGM menjelaskan, Departemen Teknik Kimia UGM saat ini menyelenggarakan pendidikan mulai dari program strata 1 (S1), program master (S2) dan program doktor (S3). Kurikulum program S1 Teknik Kimia UGM setara dengan 148 SKS (satuan kredit semester) yang diprogramkan dalam 8 semester (4 tahun).

Program master Departemen Teknik Kimia menawarkan 2 konsentrasi yaitu Konsentrasi Teknik Proses (MTK) dan Konsentrasi Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan (MTPPL). Program Master Teknik Kimia UGM dapat diselesaikan antara 1,5 ; 2 tahun. Untuk program doktor lebih ditekankan dalam penelitian yang diprogramkan untuk diselesaikan dalam 3 tahun.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Pada tahun 1983, Fakultas Teknik Kimia berubah menjadi Jurusan Teknik Kimia FTI-ITS. Sejalan dengan pengembangan SDM dan Fisik maka kurikuklum juga berubah. Perubahan dari Sistem Unit ke Sistem Kredit Semester juga dilakukan di Jurusan Teknik Kimia semenjak Fakultas ini dikembangkan dengan dana ADB.

Pada awalnya kurikulum dibuat 160 SKS dibagi dalam 10 semester lalu tahun 1990 berubah menjadi 152 SKS dalam 9 semester dan yang terakhir kurikulum untuk Tingkat Sarjana ditetapkan menjadi 144 SKS. terbagi dalam 8 semester yang dijelaskan di laman ITS.

Guna meningkatkan kualitas SDM Indonesia, khususnya para tenaga kerja yang ada di Indonesia, Jurusan Teknik Kimia FTI- ITS memberikan kesempatan bagi mereka yang bekerja untuk menempuh studi di ITS melalui jalur Program Pendidikan Ekstensi. Program ini di buka sejak Semester Genap 1995/1996.

Pada tahun 1991/1992 dalam rangka program stratifikasi dan pengembangan teknologi Jurusan Teknik Kimia mendirikan Program S2. Pada tahun 2001 dibukalah Program S3 di Jurusan Teknik Kimia.

Baca juga: ITS Siapkan 5.000 Tablet Digital untuk Bantu Kampus di Daerah 3T

4. Universitas Indonesia (UI)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More