Besaran Uang Kuliah 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia dari UI, UGM, hingga ITB

Rabu, 07 Desember 2022 - 17:17 WIB
Bahkan, ada yang menyentuh angka Rp20 juta per semester (untuk kelas 5) yang dipatok bagi mahasiswa Sains dan Teknologi Kesehatan.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

Selanjutnya adalah UGM yang berlokasi di Yogyakarta. Menurut informasi yang ada dalam laman resmi UGM, terdapat 8 golongan UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan sesuai dengan kemampuan peserta didik.

Adapun biaya pendidikan yang wajib dibayarkan adalah Rp500 ribu per semester untuk golongan 1 dan maksimal Rp26 juta per semester untuk golongan 8.

Jika dilihat dari daftar nominal UKT yang diberikan pihak UGM, golongan 1 dan 2 pada semua fakultas dipatok dengan harga sama, yakni Rp500 ribu serta Rp1 juta.

Perbedaan terjadi mulai dari golongan 3 hingga 8, tergantung kebijakan tiap-tiap fakultas. Fakultas Kedokteran adalah yang termahal mematok UKT untuk golongan 8, yakni Rp26 juta.

Lain halnya dengan program studi Bahasa dan Kebudayaan Korea serta Pariwisata yang menjadi prodi dengan UKT termurah di UGM (untuk golongan 8). Sebab, program studi tersebut hanya mematok tarif Rp8 juta per semester.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

Salah satu perguruan tinggi negeri terkenal di Bandung, ITB, mematok uang kuliah sebesar Rp1 juta per semester untuk golongan UKT 1.

Bagi mahasiswa yang masuk dalam golongan UKT tertinggi, yakni golongan 5, mahasiswa wajib membayar uang kuliah sebesar Rp25 juta per semester.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More