Top! Politeknik Ini Punya Laboratorium Perkeretaapian Berstandar Industri

Sabtu, 11 Februari 2023 - 20:07 WIB
loading...
A A A
Baca juga: 6 Jurusan Soshum Unair dengan Peminat Sedikit di SNMPTN 2022, Lengkap dengan Daya Tampung SNBP 2023

"Saya yakin semua ini akan berdampak pada siklus pembangunan SDM yang diinisiasi oleh Kemenko PMK,” kata Muhadjir.

Direktur PNM, Muhamad Fajar Subkhan menyambut gembira adanya laboratorium ini. Menurut Fajar Subkhan, laboratorium perkeretaapian tersebut bukan hanya berfungsi sebagai tempat praktikum mahasiswa, tetapi juga untuk menjadikan Madiun sebagai kota industri perkeretaapian.

“Kami ingin laboratorium perkeretaapian ini menjadi sarana pembelajaran serta research & development atau penelitian terapan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dengan industri,” ujar Fajar optimistis.

Usai peresmian, beberapa tamu yang hadir diperkenankan menaiki Kereta Trainer Hybrid sesuai dengan lintasan rel yang sudah dibangun.

Lintasan melingkar tersebut dimulai dari Gedung C Kampus 2 PNM sampai dengan Laboratorium Stasiun dan Train Set Trainer. Kereta Trainer Hybrid merupakan kereta bertenaga diesel dan listrik yang dikembangkan oleh PNM nantinya akan dikembangkan untuk beralih ke tenaga surya.

Saat menaiki Kereta Trainer Hybrid, Menko Muhadjir Effendy pun memberi komentar positif. Ia mengaku bangga atas langkah progresif yang dilakukan PNM dalam berkolaborasi dengan industri. Menurut Muhadjir, PNM telah memberikan contoh nyata revitalisasi pendidikan vokasi.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5172 seconds (0.1#10.140)