4 PTN BH Raih Pendanaan untuk Hilirisasi Riset dan Teknologi

Selasa, 28 Februari 2023 - 12:05 WIB
loading...
A A A
Direktur Kelembagaan Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek Lukman menyampaikan proyek kolaborasi PRIME STeP tidak hanya berdampak pada ekosistem pendidikan saja, melainkan menghasilkan dampak yang luas sehingga memberikan dampak langsung pada pengembangan industri dan ekonomi Indonesia ke depannya.

Selain itu, proyek ini juga memungkinkan perguruan tinggi Indonesia menciptakan startup atau perusahaan rintisan berbasis teknologi yang sukses, berpendapatan dari layanan berbayar perusahaan rintisan yang sukses diinkubasi, paten dan lisensi, serta membuka lapangan pekerjaan.

Menurut Lukman pada saat bersamaan, STP juga akan memberikan manfaat bagi mahasiswa sebagai tempat untuk melakukan beragam penelitian dan pengembangan, serta membangun ekosistem kewirausahaan.

Project Manager PRIME STeP Paulina Pannen menjelaskan proyek ini difokuskan pada tiga hal, yaitu peningkatan fasilitas riset, pengembangan, dan inovasi; peningkatan sistem inovasi dan kemitraan riset dan pengembangan strategis; serta penguatan kelembagaan STP di setiap PTN BH dan di pusat.

“STP bukan hanya tempat atau bangunan, akan tetapi sebuah konsep bagi semua pihak untuk bertemu dalam pengembangan industri dan hilirisasi," ujarnya.

Country Director Indonesia Resident Mission Asian Development Bank Jiro Tominaga optimistis jika proyek ini mampu membawa kemajuan untuk Indonesia ke depannya.

“Kami turut mengapresiasi untuk kesempatan dalam kolaborasi proyek yang dikembangkan melalui PRIME STeP dalam menghadirkan kemajuan kualitas manusia melalui edukasi, serta inovasi dan teknologi yang bersinergi di Indonesia ke depannya," tandasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)