Universitas Brawijaya Buka Prodi Baru Sains Data, Lulusannya Dibutuhkan di Masa Depan

Rabu, 01 Maret 2023 - 16:06 WIB
loading...
A A A
Baca juga: UI Buka 2 Prodi Baru di Fakultas Teknik pada Kelas Internasional

Sementara itu, Dekan Fakultas Matematika dan Illmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya, Ratno Bagus Edy Wibowo menjelaskan, data merupakan satu kebutuhan penting yang menjanjikan di masa datang. Data yang berlimpah dalam berbagai bentuk dapat dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Kebutuhan data ini, perlu diolah dan dianalisis untuk menjadi dasar dalam pengambilan keputusan, di berbagai sektor, tidak hanya pendidikan, tapi juga industri, sosial humaniora hingga bisnis”, jelasnya.

Menurut Kepala Departemen Statistika, FMIPA UB, Rahma Fitriani, Statistika tetap berperan dalam mengolah data menjadi informasi. “Data masa kini tidak hanya seperti data berupa angka atau data klasik, bentuk data sendiri beragam, bisa jadi seperti obrolan ini, kata-kata, video, foto, juga sebenarnya data namun belum bisa diolah," jelasnya.

Sains Data sendiri, imbuh Ratno, bersifat multidisiplin. Data yang dihasilkan berasal dari berbagai sektor, misal kesehatan, engineering, pertanian, perbankan dan bidang lain.

Sains data lebih luwes dan fleksibel dalam pengolahan dan interpretasinya, sehingga sebab data tersebut dihasilkan sampai menjadi informasi dapat di lacak dengan lebih lengkap.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)