Wisudawan Termuda ITS Lulus di Usia 20 Tahun, Ini Profil Salsabila Aulia Fitri

Sabtu, 18 Maret 2023 - 01:10 WIB
loading...
A A A
“Tak kalah penting, pengalaman magang juga banyak saya ikuti untuk memperkuat kompetensi diri,” ungkap penghobi traveling ini.

Mahasiswi kelahiran Kediri, 22 Desember 2022 yang juga pernah mengikuti Istanbul Youth Summit 2022 ini juga membagikan pengalaman berkesannya sebagai anggota tim robot Banyubramanta. Yakni penghargaan tim yang diraih pada kompetisi Wonderful Indonesia Robot Challenge (WIRC) 2021 dan Technogine 2020.

Salsa memilih untuk menuntut ilmu di Teknik Sistem Perkapalan, jurusan yang langka dipilih seorang perempuan. Mengapa? Ternyata bidang ilmu perkapalan itu telah menjadi program studi impiannya.

Salsa lahir dan besar di lingkungan yang melek akan kemaritiman, sehingga membuat Salsa percaya bahwa kontribusi generasi muda dalam dunia maritim juga sangat diperlukan.

Baca juga: Putra Daerah dari Ujung Indonesia Raih Cumlaude di Unsoed, Ini Profilnya

Karena itu, setelah lulus nantinya Salsa juga ingin berkarier sesuai dengan kompetensi dan pengalamannya selama ini.

Dijelaskannya, latar belakang tersebut sejalan dengan judul Tugas Akhir (TA) yang diangkatnya yaitu Optimasi Pemilihan Propeller Akibat Penggantian Mesin Induk Kapal Dharma Rucitra 3.

Gadis asal Sidoarjo, Jawa Timur ini mengatakan bahwa topik ini diangkat berdasarkan studi kasus nyata milik perusahaan kapal tersebut.

Dalam kasusnya, kapal tersebut mulanya mengalami insiden hampir tenggelam di dekat pelabuhan. Namun karena adanya urgensi agar kapal segera dioperasikan, penggantian mesin berupa optimasi propeller dengan mesin baru perlu dilakukan.

Salsa ini menuturkan, sejauh mana ia berkarya, akademik tetap menjadi prioritas utamanya. Prinsip inilah yang mengantarkannya meraih predikat memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,56.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5792 seconds (0.1#10.140)