10 Jurusan Kuliah Paling Cocok untuk Barkarier di TNI AD

Selasa, 16 Mei 2023 - 10:26 WIB
loading...
A A A
Hanya terdapat satu Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ini yaitu Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Sekolah kedinasan yang dinaungi Badan Intelijen Negara (BIN).

7. Pendidikan Jasmani/Olahraga

Berprofesi sebagai TNI tentulah musti memiliki kekuatan dan kemampuan fisik yang terlatih. Jurusan Pendidikan Olahraga/Jasmani ini tentu telah dibekali dengan kemampuan fisik yang terlatih sehingga dipastikan tidak akan kaget ketika masuk ke dunia militer.

Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Yogyakarta adalah beberapa nama Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan ini.

8. Kedokteran Gigi

Di jurusan kedokteran gigi, mahasiswa belajar pencegahan serta penyakit dan kelainan pada gigi dan mulut.

Kemudian akan mempelajari struktur, komposisi, manipulasi material yang berhubungan dengan jaringan keras dan lunas pada tubuh manusia.

Mahasiswa belajar untuk mempertahankan keberadaan gigi dalam mulut hingga citra radiografi analog dan digital. Setelah lulus dan mengucap sumpah dokter gigi, para lulusan dapat praktik di puskesmas, klinik hingga rumah sakit. Instansi TNI dan Polri juga membutuhkan lulusan jurusan kedokteran gigi.

9. Kedokteran Umum

Salah satu jurusan kuliah yang dibutuhkan TNI AD adalah kedokteran umum. Saat kuliah, mahasiswa akan mempelajari cara mendiagnosis penyakit seorang pasien lalu mengobatinya, serta mencegah timbulnya penyakit.

Mahasiswa juga akan mempelajari farmakologi, anatomi tubuh manusia, biokimia, genetika, biologi sel dan molekuler. Tak hanya itu, mahasiswa kedokteran dibekali dengan latihan keterampilan hingga skill laboratorium.

Usai fase perkuliahan preklinik, mahasiswa mendapat pelatihan dasar di stase rumah sakit. Lulusan kedokteran umum juga bisa jadi tenaga medis di TNI AD.

10. Teknik Mesin

Teknik mesin mempelajari perancangan, pengembangan hingga pengelolaan mesin. Mahasiswa akan mempelajari terkait energi, desain, manufaktur, hingga pemeliharaan sistem mekanik.

Beberapa kuliah yang dapat dijumpai pada jurusan teknik mesin, seperti mekanika fluida, struktur dan sifat material, kinematika dan dinamika, termodinamika hingga mekatronika.

Beberapa bidang karier dapat dipilih setelah lulus dari teknik mesin, seperti mekanik pesawat, perencanaan produk otomotif, hingga perancang dan teknisi mesin.
(mpw)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2731 seconds (0.1#10.140)