229 Kampus Jalin Kerja Sama dalam Program Praktisi Mengajar

Rabu, 17 Mei 2023 - 05:00 WIB
loading...
229 Kampus Jalin Kerja Sama dalam Program Praktisi Mengajar
Sebanyak 229 perguruan tinggi menjalin kerja sama dalam program Praktisi Mengajar. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 229 perguruan tinggi dari total 245 universitas pelaksana, menandatangani perjanjian kerja sama pelaksanaan Program Praktisi Mengajar Angkatan 2 Tahun 2023. Program ini diinisiasi agar lulusan perguruan tinggi lebih siap masuk dunia kerja.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Muhammad Fajar Subkhan, mengungkapkan bahwa Program Praktisi Mengajar merupakan wadah kemitraan dan penyelarasan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri.

“Kita semua menyadari, bahwa sistem pendidikan perlu disesuaikan guna menghubungkan teori dan praktik di lapangan, supaya pembelajaran di perguruan tinggi lebih relevan dengan perubahan sosial budaya serta kebutuhan dunia kerja, dan lulusan yang dihasilkan menjadi intelektual yang siap berkarya,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (17/5/2023).

Baca juga: Hilang Semangat Gara-gara Putus Cinta, Ini Kata Dosen Psikologi UMM

Kepala Program Praktisi Mengajar, Gamaliel Waney, menerangkan bahwa pelaksanaan Program Praktisi Mengajar Angkatan 1 Tahun 2022 lalu mendapatkan penerimaan yang sangat baik dari perguruan tinggi, dosen, praktisi, dan tentunya juga mahasiswa.
Pelaksanaan angkatan pertama telah menghasilkan lebih dari 4.500 mata kuliah kolaborasi yang melibatkan ribuan praktisi di lebih dari 250 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, Gamaliel juga menambahkan pada pelaksanaan angkatan kedua tahun 2023, terdapat peningkatan yang signifikan baik dari jumlah mata kuliah kolaborasi maupun jumlah praktisi.

Sebanyak 4.738 praktisi akan hadir di kelas kelas perkuliahan dengan 7.935 mata kuliah kolaborasi yang akan dilaksanakan. Angka ini meningkat signifikan di mana tahun lalu terdapat 4.046 praktisi yang terlibat dan 4.966 mata kuliah kolaborasi.

“Besar harapan kami, dengan terjadinya Kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama hari ini, dapat memperkuat komitmen kita bersama dalam penyelenggaraan program agar dapat mendorong terwujudnya sinergi yang lebih solid,” ucap Gamaliel.

Baca juga: Mengenal 4 Kampus Terbaik di Melbourne Versi Edurank 2023

Senada dengan itu, Rektor Universitas Cahaya Bangsa, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sri Erliani, menyampaikan apresiasi atas program Praktisi Mengajar Angkatan 1 tahun 2022 yang terselenggara di perguruan tinggi yang dipimpinnya.

“Di tahun 2022, kami mengapresiasi praktisi yang telah memberikan kontribusi di program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, kami melihat antusiasme mahasiswa yang besar," terangnya.

"Mahasiswa kami mendapat ilmu dan wawasan tidak hanya teori namun memahami suasana nyata dunia kerja. Angkatan ke-2 ini kami menambah kelas program studi Keperawatan untuk Program Praktisi Mengajar,” tutur Sri.

Selanjutnya, Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Rustamadji, turut mengisahkan praktik baik penyelenggaraan Program Praktisi Mengajar saat sesi testimoni.

“Kami sampaikan apresiasi untuk Kemendikbudristek atas upaya dan keberlanjutan Program Praktisi Mengajar, sebuah program yang menyenangkan serta dapat memunculkan talenta dan potensi mahasiswa," ujarnya.

"Salah satu praktisi yang kami hadirkan di Fakultas Pendidikan Bahasa, Sosial, dan Olahraga yaitu Boaz Solossa, pesepakbola profesional yang memberikan pembelajaran bermain sepak bola secara langsung kepada mahasiswa,” tegas Rustamadji.

Tak ketinggalan, hadir mewakili Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Wakil Rektor II, I Wayan Puguh, mengungkapkan kegembiraannya atas dukungan dari semua pemangku kepentingan saat pelaksanaan Program Praktisi Mengajar Angkatan 1 tahun 2022.

Saat awal pelaksanaan program, masih terdapat kendala terutama koordinasi di antara dosen dan praktisi, namun hal tersebut tidak lantas memadamkan semangat Unsultra melaksanakan program (Praktisi Mengajar).

"Bahkan, di Angkatan ke-2 ini, Unsultra menambah jumlah kelas yang semula 7 kelas menjadi 13 kelas serta praktisi yang siap berkontribusi menjadi 9 orang praktisi dari yang sebelumnya ada 5 orang praktisi,” pungkas Wayan.

Program ini mendorong kolaborasi aktif dosen juara dengan praktisi ahli agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antara sivitas akademika di perguruan tinggi dengan kaum profesional di dunia kerja. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas, baik secara luring maupun secara daring.

Dalam program ini, mata kuliah dirancang dan dikelola secara bersama atau secara kolaboratif antara dosen dengan praktisi, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pembelajaran holistik yang menghubungkan teori dengan praktik lapangan.

Dengan demikian, mahasiswa diharapkan dapat lebih siap untuk terjun ke dunia kerja, dan menjadi pemimpin masa depan dalam berbagai pilihan karier sesuai minat dan potensi masing-masing
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)