Kisah Syarif dan Desi, 2 Sosok yang Konsisten Memajukan Pendidikan Guru di Samarinda

Senin, 26 Juni 2023 - 21:01 WIB
loading...
A A A
Alhasil minat belajar siswa meningkat dengan banyaknya aktivitas fisik dan kelas yang berlangsung interaktif, sehingga para siswa lebih aktif bertanya dan berbagi cara memaparkan pelajaran. Nilai-nilai yang mereka peroleh juga mengalami peningkatan yang lebih baik dari sebelumnya.

“Saya telah mengikuti banyak pelatihan guru, tetapi baru pelatihan EPP dari PSF inilah saya dan rekan-rekan guru lainnya tidak hanya diberikan pemaparan teoretis, tetapi juga praktik. Materi-materinya juga sangat berkesan bagi saya, seperti cooperative learning yang membantu mereka lebih senang belajar, diferensiasi yang membantu para siswa belajar sesuai minat masing-masing, dan asesmen menyeluruh yang menilai para siswa tidak hanya dari sisi akademik, tetapi juga pembentukan karakter. Metode-metode ini saya terapkan agar bisa menjadi guru yang berprestasi, dalam arti kehadirannya ditunggu-tunggu oleh para muridnya saat mengajar.” kata Syarif.

Keikutsertaan Desi dalam program EPP juga membawa dampak positif di sekolah. Desi melakukan diseminasi kepada para guru di sekolah agar lebih mudah menyampaikan materi belajar di kelas. Para guru pun mulai menyambut baik kebiasaan baru mereka selama mengajar para siswa dengan metode diferensiasi, sehingga para guru juga lebih aktif berdiskusi santai dengan Desi terkait kegiatan belajar mengajar.

Selain membawa perubahan positif di masing-masing sekolah, Syarif dan Desi juga melaksanakan perannya sebagai Fasilitator Kota. Pada 23-25 Mei 2023 lalu, mereka bersama para Fasilitator Kota lainnya menyebarluaskan pemaparan dari PSF-SDO melalui kegiatan Educators Sharing Network kepada 450 guru TK, SD, dan SMA di SMAN 1 Samarinda.

Dengan terlaksananya Educators Sharing Network pada program EPP di Kota Samarinda, Syarif, Desi, dan para Fasilitator Kota lainnya diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru mengenai metode pembelajaran yang beragam sehingga meningkatkan minat belajar siswa.

Pengalaman Syarif dan Desi dalam program EPP serta kegiatan Educators Sharing Network mewujudkan komitmen PSF dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui kemitraan terpercaya bersama PT SMI.

Pengalaman dan rekam jejak PSF selama lebih dari dua dekade mengukuhkan PSF sebagai mitra yang terpercaya bagi berbagai pihak dalam setiap program kerjasama.

Untuk ke depannya, PSF melalui SDO selalu menyambut baik inisiatif pihak yang sama-sama memiliki kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia dalam berbagai program kolaborasi yang bertujuan memperluas pemerataan akses pendidikan.

Juliana, Head of Program & Development, Putera Sampoerna Foundation – School Development Outreach, mengungkapkan, pelaksanaan Educators Sharing Network membuktikan bahwa kolaborasi antara PSF-SDO dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) menjadi langkah besar untuk memajukan pendidikan di Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru di Samarinda.

"Melalui EPP, kami pun percaya bahwa Samarinda memiliki sumber daya manusia yang memadai untuk memberikan kontribusi pada kualitas pendidikan di daerahnya dan akan terus menyebar luas. Maka PSF-SDO terbuka untuk menjalin kemitraan dengan pihak-pihak yang memiliki kepedulian yang sama terhadap dunia pendidikan agar bersama-sama memperluas pemerataan akses pendidikan melalui berbagai program kolaborasi.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2610 seconds (0.1#10.140)