7 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Pertimbangkan Biaya dan Peluang Karier

Sabtu, 01 Juli 2023 - 07:34 WIB
loading...
A A A
Melansir USNews.com, sebuah survey yang dilakukan pada 2017 mengungkap bahwa nasihat atau saran dari mereka yang berpengalaman atau bekerja dengan pilihan karier sesuai dengan jurusan kuliah sangatlah membantu.

Sebaliknya, saran dari orangtua atau orang-orang sekitar tidak begitu membantu. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan pihak sekolah, ataupun profesional seperti konsultan pendidikan untuk memastikan pilihan jurusan kuliah yang tepat.

5.Pertimbangkan Biaya


Biaya juga menjadi hal krusial ketika memasuki perguruan tinggi. Umumnya, biaya kuliah di universitas negeri lebih terjangkau dibanding universitas swasta.

Setiap jurusan kuliah pun kadang membutuhkan biaya yang berbeda-beda. Jurusan kedokteran akan membutuhkan biaya yang lebih besar dari jurusan ekonomi ataupun bahasa. Untuk itu, sesuaikan juga pilihan jurusan kuliah dengan dana pendidikan yang dimiliki.

6.Tidak Terpengaruh Teman

Meski hal ini terbilang sepele, namun dapat membuat anak salah pilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman saja.
Untuk itu, Moms perlu memberi tahu anak bahwa memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang boleh dilakukan tanpa pertimbangan, karena menyangkut masa depannya.

Mungkin, dia akan jarang bertemu dengan teman-temannya karena beda jurusan ataupun beda universitas, namun nantinya anak juga akan menemukan teman baru.

7.Beri Waktu Anak untuk Berpikir

Biarkan dia memikirkan semuanya dengan perlahan-lahan, mulai dari kemampuan diri, peluang masa depan, hingga pendapat dari orang yang berpengalaman.

Pada tahap ini, sebaiknya orang tua tidak ikut campur. Namun, jika anak bertanya, berikan jawaban yang bijak tanpa sedikit pun memaksakan kehendak. Kembali lagi, setiap pilihan yang diambil anak merupakan tanggung jawabnya secara pribadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)