15 Istilah Perkuliahan yang Harus Diketahui Mahasiswa, Selalu Terdengar hingga Lulus

Kamis, 13 Juli 2023 - 09:32 WIB
loading...
A A A
Umumnya, UKM ini sangat diminati oleh mahasiswa karena biasanya setiap kampus menawarkan pilihan UKM yang beragam sehingga kamu pun dapat memilih UKM sesuai dengan hobi dan minat kamu.

9.Skripsi

Pada akhir studi untuk S-1 mahasiswa diwajibkan untuk menyusun tugas akhir (Skripsi). Dalam proses penyusunan skripsi, mahasiswa akan didampingi oleh dosen pembimbing. Tidak semua Universitas mewajibkan mahasiswanya untuk membuat skripsi.



Untuk memperoleh gelar S-1 mahasiswa diwajibkan untuk membuat jurnal atau karya ilmiah lainnya sebagai pengganti skripsi. Misalnya, pada tahun 2013 Mahasiswa Program Studi Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa, Universitas Indonesia mewajibkan mahasiswanya untuk menyusun skripsi.

10.TKA (Tugas Karya Akhir)

Tugas karya akhir atau yang biasa disingkat TKA merupakan sebuah proyek besar yang dikerjakan di penghujung masa perkuliahan. Biasanya TKA ini berupa sebuah karya atau laporan.

Hasil TKA nantinya akan disidangkan guna memperoleh nilai yang nantinya akan mempengaruhi Indeks Prestasi dan menentukan kelulusan seorang mahasiswa.

11.Asdos (Asisten Dosen)

Asisten dosen atau yang biasa disingkat asdos merupakan seorang mahasiswa atau seorang fresh graduate yang ditugaskan untuk membantu dosen menyiapkan perkuliahan.

12.Senat

Perlu kalian ketahui bahwa senat ini merupakan organisasi perwakilan mahasiswa yang bertugas untuk memantau Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM.

13.Peminatan Studi/Konsentrasi Studi

Konsentrasi studi atau peminatan studi ini merupakan pengkhususan di tiap jurusan yang dapat dipilih oleh mahasiswa pada semester tertentu.

Misalnya saja, kalian mahasiswa Ilmu Komunikasi nantinya kalian akan ada pengkhususan jurusan seperti komunikasi massa, hubungan masyarakat, hingga periklanan. Kalian harus memilih salah satu dari jurusan tersebut.

14.BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

Jika dulu di bangku sekolah menengah kalian pernah mendengar organisasi OSIS, nah di masa perkuliahan ada yang namanya BEM. Badan eksekutif mahasiswa ini ada di tingkat fakultas dan tingkat universitas.

15.Semester Genap dan Ganjil

Semester genap ini merupakan masa perkuliahan pada semester 2, 4, 6, 8 dan seterusnya. Biasanya semester genap berlangsung pada bulan Februari hingga awal Juni.

Sedangkan semester ganjil ini merupakan masa perkuliahan pada semester 1, 3, 5, 7 dan seterusnya. Biasanya semester ganjil berlangsung pada bulan Agustus (akhir) hingga bulan Desember.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8934 seconds (0.1#10.140)