7 Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja, Salah Satunya Kuliah di Universitas Terbuka. Kok Bisa?

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 15:15 WIB
loading...
7 Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja, Salah Satunya Kuliah di Universitas Terbuka. Kok Bisa?
Kuliah sambil kerja di Universitas Terbuka (UT) menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin memperoleh gelar sarjana sambil tetap menjalani aktifitas bekerja. (Foto: Freepik).
A A A
JAKARTA - Kuliah sambil kerja kini tidak lagi terasa sulit dan melelahkan lho. Ya, apalagi bila Anda memilih kuliah di Universitas Terbuka (UT), dan menerapkan 7 tips sukses kuliah sambil kerja. Anda dijamin bisa tetap fokus dan produktif saat kuliah sambil kerja.

Dengan menempuh pendidikan di perguruan tinggi, seperti di UT, maka Anda bisa meningkatkan kualifikasi dan kompetensi diri, serta menunjang karier pekerjaan. UT bisa menjadi solusi jitu bagi Anda yang ingin tetap kuliah sambil kerja dengan nyaman.

UT menawarkan solusi kuliah fleksibel dan lulusan berkualitas, tanpa harus meninggalkan pekerjaan. Kuliah sambil kerja bisa menjadi pilihan yang tepat, bagi Anda yang ingin memperoleh gelar sarjana, magister, atau doktor sambil tetap bekerja.

Kuliah sambil kerja memang memiliki tantangan tersendiri. Tetapi bukan berarti kuliah sambil kerja mustahil untuk dilakukan ya. Nah, dengan kuliah di UT, yang sudah dikenal sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki fleksibilitas kuliah, Anda bisa tetap kuliah sambil kerja.

Berikut 7 tips sukses kuliah sambil kerja, salah satunya kuliah di Universitas Terbuka. Yuk, langsung saja disimak:

1. Fokus dan Berkomitmen
Ketika memutuskan untuk kuliah sambil kerja, Anda harus fokus dan berkomitmen kepada diri sendiri. Dengan demikian Anda memiliki pemikiran bahwa kuliah sambil kerja bukan hal yang mudah, tapi tetap bisa berjalan dengan baik. Pahami pula kondisi perkuliahan dan dunia pekerjaan. Hal itu berguna agar Anda tidak mencampur adukan keduanya.

Misalnya, ketika sedang kuliah, maka hindari berpikir tentang pekerjaan. Begitupun sebaliknya, ketika bekerja hindari pikiran tentang kuliah. Jika hal ini dilakukan, maka pikiran Anda akan fokus dan tetap komitmen menjalani kuliah sambil kerja. Alhasil, Anda tidak mudah merasa lelah dan jenuh.

2. Menunda Kesenangan Sesaat
Ketika kuliah sambil kerja, maka Anda harus berani berkorban untuk menunda kesenangan sesaat. Misalnya, waktu untuk berinteraksi di media sosial, jalan-jalan di mal, bermain bersama teman, hang out, dan lainnya.

Perlu diingat, mengorbankan beberapa kesenangan sesaat, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya ketika libur kerja atau kuliah ya. Perlu diingat, kunci penting dari kuliah sambil kerja adalah manajemen waktu. Tentukan kapan Anda harus belajar untuk kuliah, dan bekerja untuk produktivitas sebagai karyawan.

3. Mengatur Jadwal Harian
Agar Anda bisa tetap kuliah sambil kerja tanpa kendala, mulailah mengatur waktu Anda sejak saat ini. Biar lebih mudah, buatlah jadwal kuliah Anda setiap hari. Begitupun dengan jadwal pekerjaan, susunlah jadwal yang telah disesuaikan dengan jadwal kuliah Anda.

Misalnya, Anda harus menyelesaikan kerja jam berapa, lalu harus mengerjakan tugas kuliah di hari apa dan butuh waktu berapa lama. Atur semua jadwal Anda setiap hari agar memudahkan Anda kuliah sambil kerja. Jadwal yang tersusun rapi akan membuat Anda memiliki pedoman untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

7 Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja, Salah Satunya Kuliah di Universitas Terbuka. Kok Bisa?

(Foto: dok Facebook UT)

4. Jaga Kesehatan agar Tetap Fit
Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu terutama saat kuliah sambil kerja. Kesehatan akan mempengaruhi produktivitas Anda, lho. Aturlah atur pola makan dan konsumsi vitamin secara rutin agar tubuh tetap fit!

Selain menjaga pola makan, Anda juga perlu beristirahat yang cukup. Jam tidur yang baik umumnya 7-9 jam setiap malam. Pasti Anda tidak mau kan kalau waktu kuliah dan kerja jadi berantakan? Maka dari itu, istirahatlah yang cukup dan jangan begadang, ya!

5. Berkomunikasi dengan Kantor
Ketika kuliah sambil kerja, pastikan perusahaan atau instansi Anda mengetahui hal tersebut. Sebab, jika Anda harus mengikuti ujian akhir semester atau orientasi mahasiswa baru, maupun berbagai bimbingan atau praktik/praktikum, atasan Anda bisa mempertimbangkan untuk memberi dispensasi.

Sehingga Anda tidak perlu cuti atau malah bolos, yang akhirnya membuat gaji terpotong. Tanggung jawab Anda sebagai pekerja dan mahasiswa pasti berlipat. Karena itu, selesaikan setiap pekerjaan dari kantor dengan baik. Sebisa mungkin, jangan membawa pekerjaan pulang ke rumah.

6. Pilih Kuliah Berbasis Online
Sistem kuliah online bisa memudahkan Anda untuk kuliah sambil kerja. Untuk diketahui, UT memiliki berbagai program kuliah yang ditawarkan. Dalam hal ini calon mahasiswa yang ingin masuk kuliah di UT diberikan kebebasan dalam memilih layanan yang akan diambil.

Layanan kuliah di UT terdiri dari Sistem Paket Semester (SIPAS), dan Non Sistem Paket Semester (Non Sipas). Selanjutnya modus kuliah terdiri dari kuliah online (fully online), dan blended learning antara kuliah online dan kuliah tatap muka (TTM).

Nah, di UT Anda bisa bebas layanan kuliah yang sesuai dan melakukan aktivitas perkuliahan dari mana saja tanpa mengganggu pekerjaan. Mahasiswa UT dapat mengikuti proses kuliah dengan mengakses aplikasi berbasis web “e-learning UT” (fully online), atau masuk kelas virtual untuk Tutorial Webinar (Tuweb). Gimana? Mudah kan!

7. Pilih Perguruan Tinggi dengan Beragam Fleksibilitas
Keterbatasan waktu, biaya, dan usia menjadi salah satu faktor penyebab putus kuliah. Karena itu pilihlah kampus yang tidak mengenal tahun lulus SMA atau sederajat dan tidak mengenal batasan umur, serta tidak menerapkan drop out bagi mahasiswanya.

Dengan kuliah di UT Anda tidak khawatir akan tahun ijazah, domisili, kendala geografis, atau kendala waktu studi. UT memberikan kebebasan berkuliah bagi mahasiswa dengan durasi waktu pilihan mereka. Baik sesuai kurikulum atau sesuai kemampuan waktu kuliah mahasiswa sendiri. Fleksibilitas kuliah ini merupakan bentuk nyata dari komitmen UT dalam memberikan layanan pendidikan terbaik kepada masyarakat.

Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat jumlah mahasiswa milenial UT yang berumur di bawah 29 tahun berjumlah 320.808 mahasiswa atau sekitar 73.04% dari total 439.222 mahasiswa per tanggal 29 April 2023. Hal ini menunjukkan bahwa banyak generasi milenial di Indonesia suka berkuliah di UT.

UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, juga memberikan kemudahan akses bahan ajar bagi mahasiswa. Dalam hal ini setiap mahasiswa selain memiliki buku kuliah atau bahan ajar cetak dari UT, mahasiswa UT juga mendapatkan layanan free akses ke Ruang Baca Virtual (RBV) secara online.

Nah, itulah tips yang bisa menjadi acuan bagi Anda untuk tetap kuliah sambil kerja. Dengan kuliah di UT Anda tetap bisa kuliah tanpa mengganggu pekerjaan.

Ayo kuliah di Universitas Terbuka, pendaftaran mahasiswa baru masa 2023 masih dibuka. Calon mahasiswa dapat mendaftar online admisi-sia.ut.ac.id , atau untuk informasi lebih jelas silahkan ke Contact Center Universitas Terbuka pada 1500024 atau kunjungi website www.ut.ac.id.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4034 seconds (0.1#10.140)