Kisah Anya Prameswari, Murid SD Peraih Belasan Medali Olimpiade Matematika Internasional

Selasa, 08 Agustus 2023 - 10:27 WIB
loading...
A A A
Sebagai Ibu, Mita menceritakan bahwa sejak kecil Anya memang sudah ditumbuhkan kebiasaan untuk menikmati esensi dari belajar itu sendiri sebagai sebuah perjalanan yang akan selalu berkelanjutan.

Baca juga: 5 Contoh Teks Pidato 17 Agustus Singkat Beserta Strukturnya

Anya Raih Pengalaman, Teman Baru, dan Belasan Medali dari Olimpiade Matematika Internasional


Seiring Anya berlatih dengan giat, dukungan dan pendampingan orangtua yang selalu menemani Anya, Anya pun memulai langkahnya untuk mencoba dan memberikan tantangan pada dirinya kembali untuk mengikuti olimpiade Matematika Internasional.

Sejak 2021 hingga 2023, Anya telah banyak mencatatkan jejak kegigihannya di Japan International Science and Mathematics Olympiads (JISMO), Singapore and Asian Schools Math Olympiad (SASMO), Singapore International Math Olympiad Challenge (SIMOC), American Mathematics Olympiads (AMO), Singa Math Competition dan VANDA (International Science and Math Competition).

Sejak 2021, Anya telah mengikuti 18 olimpiade Matematika tingkat Internasional dan meraih lebih dari 18 medali, (emas, perunggu, ruby, emerald, diamond, dan sertifikat penghargaan lainnya).

Namun, uniknya, dengan semakin seringnya Anya berpartisipasi, fokus yang ia ingin capai bukan lagi kepada medali, melainkan pada keinginan untuk meraih banyak teman baru.

“Aku paling suka Global Final, soalnya banyak ketemu temen baru. Terus di sana, kompetisi itu all day. Aku mau ikut terus kompetisi matematika internasional untuk ketemu teman-teman di luar sana, tidak hanya di Indonesia.” ucapnya.

Ibunda Anya, Mita, juga menyampaikan bahwa sebagai orangtua mereka pun senang dan selalu mendukung Anya untuk ikut kompetisi lainnya demi memenuhi impian barunya, bertemu banyak teman baru.

“Anya itu suka mengamati (observing), dia paling suka global round karena banyak teman ia penasaran dengan teman-teman barunya, ia bahkan tahu apa yang mereka sukai dan lainnya. Lucu sekali melihat ia banyak bertemu teman. Jadi, kami, tidak memaksa Anya untuk juara dan lebih kepada, yuk, ketemu teman baru di kompetisi berikutnya.” tuturnya

Impian Anya Menjadi Psikiater


Sebagai pelajar di tingkat SD Cikal Lebak Bulus, Anya yang senang melakukan banyak kegiatan eksplorasi ini menyampaikan cita-citanya untuk menjadi seorang Psikiater dengan tujuan yang mulia, yakni ingin menolong orang banyak yang seringkali menutupi lukanya.

“Aku ingin jadi psikiater (Psychiatrist), karena kalau jadi psikiater itu kita mengobati yang tidak keliatan. Banyak orang yang suka nutupin (lukanya) kadang-kadang, and they need help cuma ga mau bilang. Kadang malu.” ceritanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)