Deretan Mahasiswa Universitas Negeri yang Lulus Kuliah Tanpa Skripsi

Kamis, 31 Agustus 2023 - 11:46 WIB
loading...
A A A
Deretan Mahasiswa Universitas Negeri yang Lulus Kuliah Tanpa Skripsi

Tita Nursari. Foto/Unpad

Unpad juga telah membolehkan mahasiswanya lulus tanpa skripsi dengan mengeluarkan Peraturan Rektor Unpad No 46 Tahun 2016 yang menyatakan skripsi dapat diganti dengan artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi oleh mahasiswa sebagai penulis utama bersama dengan dosen pembimbingnya sebagai penulis pendamping dengan mencantumkan institusi Unpad.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Adalah Athi Nur Aliati Rahmah yang pada wisuda Februari 2022 lalu lulus sarjana pendidikan Fisika dengan status cum laude di UNY. Athi lulus bebas skripsi melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Deretan Mahasiswa Universitas Negeri yang Lulus Kuliah Tanpa Skripsi

Athi Nur Aliati Rahmah. Foto/UNY

Athi meraih medali emas pada ajang Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Kemendikbudristek 2021 pada divisi poster. Prestasi Athi pun diapresiasi oleh UNY sebagai RPL sehingga Athi pun bisa wisuda tanpa skripsi.

4. Universitas Sebelas Maret Solo (UNS)

Pada 2022, Rizal Galih Pradana alumnus program studi Psikologi berhasil lulus sarjana tanpa skripsi. Hal ini karena Rizal lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional dan mendapatkan rekognisi dari prodi dan fakultasnya.

Deretan Mahasiswa Universitas Negeri yang Lulus Kuliah Tanpa Skripsi

Rizal Galih Pradana. Foto/UNS

UNS juga telah melegalkan mahasiswa lulus tanpa skripsi melalui Keputusan Rektor No 787/UN27/HK/2019 tentang Penghargaan Akademik Kegiatan Penalaran Mahasiswa UNS yang salah satu poinnya adalah bebas ujian skripsi bagi mahasiswa yang lolos PIMNAS baik finalis maupun medalis.

5. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember

Ika Zuwaida Fatma, mahasiswa program studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember juga berhasil lulus tanpa skripsi pada April 2023 lalu.

Mahasiswi kelahiran Banyuwanti ini berhasil memublikasikan artikel berjudul 'Pengambilan Keputusan dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Pribadi: Apakah Siswa Reflektif Lebih Unggul dari Impulsif?' ke dalam jurnal akreditasi 2.

Deretan Mahasiswa Universitas Negeri yang Lulus Kuliah Tanpa Skripsi

Ika Zuwaida Fatma. Foto/UIN KHAS Jember

Dengan publikasi itulah Fatma tak lagi perlu membuat skripsi sebagai tugas akhir. Alih-alih ia cukup mempresentasikan ulang artikel yang dimuat tersebut di depan dosen pembimbing dan para penguji dengan penuh kebanggaan.

Demikian tadi deretan mahasiswa universitas negeri yang bisa lulus tanpa skripsi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)