Cerita Christin, Penerima Beasiswa ADEM Anak PMI Malaysia yang Ingin menjadi Polwan

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 11:57 WIB
loading...
A A A
Cristin yang menyukai pelajaran sejarah ini ingin masuk kelas IPS di SMAN 9 Tangerang. Cristin mengaku, apa pun rintangan yang mesti dia hadapi ketika ia jauh dari keluarga seperti saat ini akan dia hadapi demi cita-cita mengubah nasib keluarganya yang selama ini menjadi buruh di negeri jiran.

Cristin memang lahir dan besar di Malaysia. Namun dia tidak tertarik untuk melanjutkan studi dan berkarier di Malaysia. Maka dari itu selepas dia berseragam putih abu-abu dia ingin masuk sekolah kepolisian dan menjadi Polwan.

"Semoga beasiswa ini (ADEM Repatriasi) bisa terus berlangsung karena masih banyak anak-anak PMI di Malaysia yang mau pulang tetapi lewat jalur beasiswa," harapannya agar program beasiswa ADEM Repatriasi Kemendikbudristek.

Baca juga: 222 Mahasiswa Asing Raih Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang

Pada Oktober 2023 ini, sebanyak 299 siswa penerima beasiswa ADEM Repatriasi mengikuti Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Jakarta dan Kalimantan Selatan.

Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Jakarta diikuti 97 siswa ADEM dari 3 provinsi, yaitu Jawa Barat, Banten, dan Lampung. Sedangkan di Banjar Baru, Kalimantan Selatan, diikuti sebanyak 48 siswa di tiga provinsi, yaitu Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek Abdul Kahar, mengutarakan, beasiswa ADEM diberikan kepada anak-anak repatriasi agar bisa membangun masa depan yang lebih baik dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Abdul Kahar, berharap agar para siswa penerima ADEM Repatriasi untuk dapat membentuk koneksi dan hubungan positif. “Bangunlah hubungan yang baik pada guru, mentor, dan teman-teman agar dapat mengembangkan keterampilan sosial dan kepempinan. Hubungan yang baik dapat membuka pintu kesempatan baru di masa depan,” pungkasnya.

Program ADEM Repatriasi merupakan program beasiswa yang diperuntukkan untuk anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bersekolah di jenjang SMP dan sederajat di Community Learning Center (CLC) Sabah, Malaysia.

Para siswa penerima beasiswa ADEM akan mengikuti jenjang Pendidikan SMA dan SMK di 108 sekolah pelaksana program ADEM Repatriasi di 11 provinsi di Indonesia, yakni di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I Yogyakarta, Banten, Lampung, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)