Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Beserta Struktur dan 10 Contohnya

Senin, 23 Oktober 2023 - 08:50 WIB
loading...
A A A
Keberadaan biota laut sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya, ikan dan rumput laut. Keduanya memiliki banyak kandungan gizi baik untuk kesehatan manusia.

Terumbu karang juga berguna bagi ekologi, ekonomi, serta perkembangan pariwisata daerah. Keragaman biota laut pun juga sangat bermanfaat bagi lingkungan, terutama hutan bakau yang memiliki fungsi untuk menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.

8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kupu-Kupu


Kupu-kupu masuk dalam kategori serangga yang bisa terbang, kupu-kupu biasanya terlihat di antara pepohonan yang memiliki bunga.Kupu-kupu memiliki 3 pasang kaki yang posisinya di samping perut. Hewan bersayap warna-warni berbagai corak, terbang bebas di alam. Hinggap pada bunga untuk mencari makan yaitu nektar.

Siklus hidup kupu-kupu cukup singkat. Saat sudah menjadi dewasa hanya mampu bertahan selama satu minggu. Namun ada juga yang bisa bertahan dalam fase kupu-kupu hingga satu tahun tergantung spesiesnya.

Pertumbuhannya dimulai dari telur, kemudian larva atau ulat, berkembang jadi kepompong baru jadi kupu-kupu. Saat jadi ulat makanannya adalah daun tanaman tertentu. Selama jadi kepompong tidak mengambil makanan dari sekitar.

Kupu-kupu adalah makhluk diurnal yang aktif pada siang hari. Fase kupu-kupu ini nantinya akan melakukan perkawinan kemudian menghasilkan telur. Telur ini kemudian akan memulai siklus baru untuk kembali jadi kupu-kupu dewasa.

9. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Akses Media Sosial


Pada era yang serba digital saat ini, hampir setiap dari kita memiliki dan juga mengakses media sosial, dan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh We Are Social pada Januari 2021, di mana dari total populasi manusia di bumi mencapai 7,83 miliar pada awal tahun 2021, dan 4,66 miliar orang di antaranya menggunakan internet, serta 4,20 miliar dari seluruh populasi manusia merupakan pengguna media sosial atau setara dengan lebih dari 53% dari total populasi dunia.

Dilansir dari Databoks, sebanyak 94% pengguna internet yang berusia 16-64 tahun, mengakses YouTube pada satu bulan terakhir (Januari 2021). Tidak hanya YouTube, mayoritas orang-orang juga mengakses Whatsapp yaitu sebanyak 87,7%, Instagram yaitu sebanyak 86,6%, serta Facebook yaitu sebanyak 85,5%.

Dari data tersebut bisa kita simpulkan bahwa semakin ke sini manusia semakin terhubung melalui adanya internet dan juga media sosial, baik untuk hiburan, berkomunikasi, dan sebagainya.

Hal ini penting bagi pemerintah maupun pengusaha untuk sekedar branding atau untuk berkomunikasi dengan target audiences mereka, mengingat pengguna internet dan juga media sosial sangat diminati saat ini.

10. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kuda


Kuda memiliki nilai ekonomis sekaligus historis bagi kehidupan manusia. Sudah sejak lama dipelihara dan menjadi pemegang peran penting dalam hal transportasi, pengangkutan manusia maupun barang.

Sebagai alat transportasi manusia biasa digunakan sadel sebagai tempat duduk. Untuk mengangkut barang digunakan kereta bantu yang disambungkan pada bagian tubuh kuda agar bisa ditarik.

Pemanfaatan ini sudah terjadi sejak ratusan tahun lalu. Postur tubuhnya tinggi, kokoh dan panjang dengan 4 kaki yang tampak sangat kuat. Kuda sangat lincah di berbagai medan dan sanggup berlari dengan cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)