Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Beserta Struktur dan 10 Contohnya

Senin, 23 Oktober 2023 - 08:50 WIB
loading...
A A A
Baik sampah organik maupun anorganik sesungguhnya sangat bermanfaat bagi kehidupan apabila manusia dapat mengolahnya dengan baik.

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Bunga Matahari

Bunga matahari sangat indah dan cantik ketika mekar terkena sinar matahari. Bunga ini sering kali dijadikan bunga untuk menghiasi tanaman atau pekarangan pada rumah-rumah. Bunga matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer.

Bunga matahari merupakan bunga musiman yang berasal dari Amerika Tropis bagian utara (Meksiko). Bunga ini memiliki tinggi 3 meter sampai 5 meter tergantung varietasnya. Bunga matahari memiliki daun tunggal yang lebar dan batang yang ditumbuhi rambut kasar, serta tegak dan jarang bercabang.

Baca juga: Teks Biografi: Pengertian, Struktur, dan Juga Contohnya

Manfaat dari bunga matahari yang bis akita dapat adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otot, dapat mengontrol diabetes, dan mampu menjaga berat badan ideal.

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Harga Sembako Melonjak

Menjelang bulan suci Ramadhan, harga berbagai bahan pangan dan kebutuhan pokok alias sembako mulai merangkak naik. Demikian pula dengan harga sembako yang ada di semua pasar tradisional di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Kenaikan harga tertinggi di sejumlah pasar tradisional di Polewali Mandar, terutama terjadi pada sayur-mayur. Cabai keriting, misalnya, harganya naik hampir 100% dari harga semula Rp18.000,00 menjadi Rp32.000,00. Demikian pula, harga bawang merah yang sebelumnya dijual Rp7.000,00 per kilogram, kini melonjak hingga Rp19000.00 per kilogram. Harga gula pasir pun turut melonjak menjadi Rp12.000,00 per kilogram, padahal pekan lalu masih dijual di kisaran harga Rp9.000,00 per kilogram.

Komoditas pangan lainnya yang juga mengalami kenaikan harga adalah telur ayam, minyak goreng, dan tepung terigu.
Kenaikan harga pangan dan kebutuhan pokok di Polewali Mandar dipicu oleh terputusnya stok suplai dari beberapa daerah penyangga, seperti Enrekang, Duri, dan Pinrang, karena Jembatan Pajalele di Pinrang yang runtuh.

Menurut para pedagang, kenaikan harga memang terjadi hampir setiap hari dalam sepekan terakhir saat menjelang bulan suci Ramadhan. Namun, kali ini kenaikan harga juga disebabkan oleh terputusnya suplai sembako akibat jembatan penghubung suplai dari sejumlah daerah telah runtuh.

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Biota Laut Bunaken

Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut, di antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut itu sendiri. Pada perairan Indonesia, biota laut merupakan salah satu kekayaan alam yang sangat berlimpah.

Di Indonesia, salah satu tempat yang terkenal karena keragaman biota lautnya adalah Taman Nasional Bunaken yang berlokasi di Manado. Di Taman Nasional Bunaken terdapat 7099-8096 jenis biota laut, seperti terumbu karang. Ada 58 jenis terumbu karang yang berada di sana.

Di samping terumbu karang, di Taman Nasional Bunaken juga terdapat bermacam alpa, rumput laut, ikan, mamalia laut, dan moluska raksasa. Ada lebih dari 2000 spesies ikan di Taman Nasional Bunaken. Selain itu, tujuh dari delapan spesies kerang raksasa yang terdapat di dunia juga dapat ditemukan di sana.

Tak hanya itu, kita pun bisa menemukan siput laut yang tidak mempunyai cangkang keras, dengan warna yang sangat beragam, serta berkunjung ke hutan bakau yang sangat terjaga di sana sebagai tempat tinggal bagi para kepiting, lobster, moluska, dan burung laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)