Contoh Teks Narasi Beserta Pengertian dan Strukturnya

Selasa, 07 November 2023 - 13:19 WIB
loading...
A A A
"Bayi siapa ini? Haruskah saya membawanya?" Pak Raden bimbang.

Baca juga: 10 Contoh Teks Drama Satu Babak dengan Beragam Topik dan Tema

Ketika ia ingin mengangkat bayi itu, datang seekor harimau menyerangnya, namun dengan sigap Pak Raden mengelak. Ternyata bunyi tangis bayi itu menarik perhatian harimau. Tampaknya harimau itu kelaparan. Dia pandangi bayi tadi menggunakan tatapan pemangsa.

Melihat hal itu, Pak Raden mengibaskan cangkulnya untuk menghalau hewan buas itu. Harimau itu melawan, tetapi Pak Raden berbalik menyerang, membuatnya jatuh dan terluka. Saat harimau hendak menerkamnya, Pak Raden merogoh cangkul di sampingnya dan mengibaskannya ke harimau itu.

Akhirnya cangkul itu melukai harimau dan membuatnya mati. Kemudian Pak Raden mengangkat bayi itu dan membawanya pergi untuk diurus menjadi anaknya sendiri.

4. Contoh Teks Narasi tentang Sejarah


Ratusan pesawat tempur Jepang menghancurkan pangkalan angkatan laut Amerika Serikat Pearl Harbour pada 7 Desember 1941. Lebih dari 2.400 orang Amerika tewas dalam serangan mendadak itu. Sehari setelah penyerangan tersebut Presiden Roosevelt meminta kongres untuk menyatakan perang terhadap Jepang.

5. Contoh Teks Narasi Biografi


Di tahun 1927, Cipto Mangunkusumo dianggap Belanda terlibat upaya sabotase, sehingga Cipto Mangunkusumo dibuang ke Banda Neira. Dalam pembuangan, penyakit asmanya kambuh. Saat Cipto Mangunkusumo diminta tanda tangan perjanjian yang meminta ia melepaskan hak politiknya agar ia bisa kembali ke Jawa untuk berobat, Cipto Mangunkusumo dengan tegas menyatakan bahwa lebih baik ia mati di Banda.

Cipto kemudian dipindahkan ke Makassar, lalu ke Sukabumi pada tahun 1940. Sayangnya, udara Sukabumi cukup dingin sehingga kurang baik bagi kesehatannya. Untuk itu, dia dipindahkan kembali ke Jakarta hingga Dokter Cipto Mangunkusumo wafat pada 8 Maret 1943.

Penggalan teks narasi biografi di atas menceritakan perjalanan Cipto Mangunkusumo dari latar belakang pengasingannya ke Banda Neira di tahun 1927 hingga informasi wafatnya pada 1943. Contoh tersebut mengandung informasi yang jelas, faktual, dan kronologi peristiwa yang berurutan.

MG/Kalyca Keysha Alfiani
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)