Kobarkan Semangatmu, Ini 7 Contoh Teks Pidato Singkat Hari Pahlawan

Rabu, 08 November 2023 - 06:12 WIB
loading...
A A A
Sebagai seorang pelajar misalnya, maka kita bisa berusaha untuk menjadi pahlawan dengan cara giat belajar, terus berkarya, serta menjauhkan diri dari perbuatan curang seperti menyontek dan melakukan tindakan plagiarisme.

Teman-teman seperjuangan yang saya banggakan, Di hari ini, kita perlu waspada dan wajib untuk senantiasa rendah diri karena menjadi pahlawan dan mengaku sebagai pahlawan itu adalah kata-kata yang mirip namun berbeda artinya. Pahlawan sejati ialah mereka yang memang benar-benar mau, tulus, dan rela untuk mengabdi dan berkorban untuk diri, umat, negara, dan bangsa. Jadi, gelar pahlawan itu bukan diakui melainkan diberikan dari orang lain.

Maka dari itu lah, sebagai seorang generasi penerus bangsa, kita jangan cepat merasa puas atas gigihnya pengorbanan, tingginya prestasi, atau banyaknya keringat pengabdian. Karena pahlawan masa kini adalah mereka yang tidak pernah putus asa dalam berusaha, tidak terbang saat dipuji, serta tidak tumbang ketika dihina dan dicaci. Sekian pidato yang dapat disampaikan.Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

5. Nilai-nilai Kepahlawanan yang Tak Usang Dimakan Zaman


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi, Salam sejahtera bagi kita semuanya, Om swastiastu, Namo buddhaya, Salam kebajikan. Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala limpahan karunia-Nya kita semua dapat memperingati kembali Hari Pahlawan.

Hadirin yang saya hormati, Peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai refleksi tentang pengorbanan, keteladanan, dan keteguhan untuk mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila.

Selain itu, sebagai momentum dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial. Nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan zaman karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan zaman.

Peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi penting karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara. Hari Pahlawan merupakan pengingat atas jasa dan pengorbanan mereka dalam membela dan mewujudkan kemerdekaan.

Hadirin yang saya hormati, Marilah kita renungkan langkah besar Bapak bangsa Indonesia seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Wahid Hasyim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Mudzakkir, Agus Salim, Abikusno Tjokrosoejoso, A.A Maramis, dan Ahmad Subarjo yang merupakan Panitia Sembilan BPUPKI.

Mereka telah mewariskan lima norma dan nilai-nilai yang kemudian menjadi Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa juga bisa menjadi spirit kegotong-royongan dalam bermasyarakat dan bernegara.

Baca juga: 10 Contoh Teks Deskriptif tentang Pahlawan Indonesia yang Telah Menginspirasi Banyak Orang

Sebagai penutup, seperti apa kata Soekarno, "jangan sekali-kali melupakan sejarah". Jadi, teruskan perjuangan para pahlawan demi bangsa dan negara. Sekian pidato yang bisa saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila ada salah kata. Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

6. Semangat Hari Pahlawan untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa


Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan berkah serta rahmat-Nya kepada kita semua yang hadir di ruangan ini. Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah, Yang saya hormati guru-guru, Serta teman-teman dan adik-adik yang saya sayangi dan saya banggakan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)