Kobarkan Semangatmu, Ini 7 Contoh Teks Pidato Singkat Hari Pahlawan

Rabu, 08 November 2023 - 06:12 WIB
loading...
A A A
Hari Pahlawan merupakan momentum untuk mengenang para pahlawan, perintis kemerdekaan, dan para pendiri Republik Indonesia. Dengan segala perjuangan dan pengorbanannya, bangsa Indonesia bisa merdeka dari para para penjajah. Setelah kemerdekaan diraih maka tugas kita selanjutnya adalah bersatu sesama rakyat Indonesia.

Sesama saudara, sebangsa, dan setanah air, kita tidak boleh saling membenci atau saling adu domba. Meskipun kita berbeda suku, agama, ras, dan golongan, akan tetapi kita tetap satu Indonesia. Janganlah membuat pengorbanan para pahlawan yang berjuang demi bangsa dan negara menjadi sia-sia karena rakyat Indonesia tidak bisa meneruskan perjuangan mereka.

Hadirin yang berbahagia, Perjuangan kita saat ini berbeda dengan zaman dahulu yang menghadapi para penjajah. Di era yang semakin maju ini, jadilah pahlawan untuk diri sendiri, pahlawan untuk keluarga, pahlawan untuk orang tua, dan pahlawan bagi masyarakat. Sudah saatnya generasi muda menerapkan nilai-nilai kepahlawanan dengan caranya masing-masing.

Demikian pidato singkat tentang pahlawan. Semoga kita semua bisa meneladani perjuangan para pahlawan. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila ada salah kata. Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

4. Hari Pahlawan dan Semangat Pahlawan Masa Kini


Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbihi ajmain.
Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah. Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru, Serta Teman-teman seperjuangan yang saya banggakan.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita banyak nikmat terutama nikmat sehat dan kesempatan sehingga bisa sama-sama hadir dan menyemarakkan kegiatan peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2023.

Shalawat berbingkai salam mari sama-sama kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat, kita semakin didekatkan dengan surganya Allah.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang saya sayangi, Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengajak kita semua untuk berkisah tentang Para Pahlawan Masa Kini. Apakah yang disebut dengan pahlawan masa kini itu ialah mereka yang berjuang di medan perang menggunakan bambu runcing dan bergerilya? Jika itu dulu, maka bisa jadi. Tapi sekarang, kisahnya sudah beda lagi. Perang sudah nyaris tidak ada, yang ada ialah kita berperang terhadap diri sendiri.

Tanpa mengabaikan perjuangan para pahlawan nasional di masa kemerdekaan, sejatinya di dekat kita juga banyak pahlawan masa kini. Mereka adalah para pahlawan yang rela mengabdi, berkorban waktu dan tenaga untuk menjaga kedamaian negeri, keamanan negeri, serta mencerdaskan para generasi penerus bangsa.

Baca juga: 5 Pahlawan Nasional yang Turut Berjuang untuk Pendidikan di Tanah Air

Para pahlawan itu bisa jadi seorang guru, bisa pula seorang petani, dokter, dan bisa pula para atlet yang terus berusaha agar bisa mengibarkan bendera merah putih di negeri orang. Kiranya, mereka semua pantas untuk disebut sebagai pahlawan masa kini. Lalu, apakah kita yang sedang hadir di sini juga bisa menjadi pahlawan? Tentu bisa, terutama dalam meneladani nilai-nilai dan memetik inspirasi dari para pahlawan bangsa.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8560 seconds (0.1#10.140)