7 Prospek Kerja Jurusan Farmasi selain Apoteker, Bisa Jadi R&D hingga Dosen

Jum'at, 15 Desember 2023 - 17:16 WIB
loading...
7 Prospek Kerja Jurusan Farmasi selain Apoteker, Bisa Jadi R&D hingga Dosen
Jurusan Farmasi memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Jurusan Farmasi memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Kebanyakan orang berpikir lulusan Farmasi hanya menjadi apoteker saja. Padahal, ada profesi lain yang dapat diisi oleh lulusan Farmasi.

Dalam bidang keilmuannya, farmasi adalah kombinasi antara ilmu kesehatan dengan ilmu kimia yang sangat diperlukan di dunia medis. Bagi mahasiswa yang berkuliah di jurusan ini akan banyak berkutat dengan senyawa kimia untuk dikembangkan jadi bahan obat.

Lulusan jurusan Farmasi memang banyak dikaitkan dengan apoteker karena profesinya secara langsung berurusan dengan obat-obatan. Selain profesi apoteker, terdapat beberapa profesi lain yang cocok untuk jurusan Farmasi.

7 Prospek Kerja Bidang Farmasi


1. Research and Development


Research and Development atau R&D merupakan profesi yang bertugas untuk melakukan riset dan pengembangan produk untuk bisnis. Posisi ini sangat penting bagi perusahaan yang aktif dalam memproduksi barang dan jasa.



Lulusan Farmasi bisa mengisi posisi R&D di sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang makanan, minuman, kesehatan, hingga kecantikan.

2. Lembaga Pemerintahan


Lulusan Farmasi juga terbuka lebar untuk berkarier di lembaga pemerintahan dengan menjadi PNS atau PPPK. Ada beberapa lembaga pemerintahan yang membuka formasi untuk jurusan farmasi.

Terutama di bagian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Lembaga tersebut bertanggung jawab atas penyusunan regulasi terkait peraturan penggunaan obat, serta menerapkan fungsi pengawasan obat, makanan, dan kosmetik yang beredar di masyarakat.

3. Rekam Medis


Selain menjadi apoteker di rumah sakit, jurusan Farmasi juga dapat mengisi rekam medis. Profesi ini bertugas sebagai penyusun sistem untuk mengelola informasi medis seperti kartu rekam medis elektronik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)