17 Jurusan SMK Paling Diminati, Cuan Juga Bergaji Tinggi

Sabtu, 23 Desember 2023 - 11:35 WIB
loading...
A A A
Keahlianmu akan sangat dibutuhkan sebagai manager supply chain, analis logistik, serta konsultan bea cukai.

8. Teknik Instalasi Tenaga Listrik


Listrik sudah menjadi kebutuhan primer yang sangat penting keberadaannya. Semua tempat, baik itu perumahan, hingga perusahaan, pasti membutuhkan listrik untuk menjalankan kegiatan sehari-hari.

Maka dari itu, tenaga ahli dalam bidang kelistrikan terus dibutuhkan di berbagai perusahaan.

Di jurusan ini, kamu akan belajar perencanaan pemasangan instalasi penerangan, pemasangan dan pengoperasian pengendali motor listrik, merawat dan memperbaiki alat listrik rumah tangga, hingga rewinding atau menggulung ulang motor listrik.

9. Teknik Mekatronika


Jurusan Teknik Mekatronika, tergolong baru di Indonesia, tapi sebenarnya jurusan ini sudah sangat populer di luar negeri, loh! Lulusannya pun banyak dibutuhkan di perusahaan, khususnya dalam menghadapi revolusi industri 4.0 saat ini.

Baca juga: Mau Daftar D3 di SNBP SNBT 2024? Intip 7 Jurusan yang Lulus Mudah Dapat Kerja

Pada dasarnya, Teknik Mekatronika merupakan perpaduan antara cabang ilmu di bidang teknik, seperti Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Ilmu Komputasi (computer science, software, dan hardware).

Keahlian kalian akan berguna untuk sistem otomasi, seperti industri manufaktur, transportasi, alat medis, alat ruang angkasa, hingga alat keperluan eksplorasi dalam laut.

10. Analis Kimia


Analis Kimia adalah salah satu jurusan di SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Jurusan ini mempelajari banyak hal seputar ilmu kimia, baik itu kimia murni hingga terapan. Kamu akan belajar banyak seputar laboratorium kimia, alat industri kimia, operasi teknik kimia, dan sebagainya.

Setelah lulus, prospek kerjanya pun beragam mulai dari staff laboratorium, analis mikrobiologi, research and development, hingga quality control di berbagai perusahaan pemerintah atau perusahaan farmasi.

11. Bisnis dan Pemasaran


Jika kamu mencari jurusan SMK yang mudah mendapat pekerjaan, maka Bisnis dan Pemasaran bisa jadi salah satunya. Kenapa? Karena semua jenis usaha pasti membutuhkan ilmu bisnis dan pemasaran untuk mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: 10 Jurusan D3 di Kampus Jakarta Terakreditasi Unggul BAN PT, PNJ hingga UI

Jurusan ini akan membekali kalian dengan keterampilan mengelola bisnis online, marketing, penataan produk, inovasi produk, perencanaan bisnis, administrasi transaksi, dan perdagangan ritel.
Luasnya bidang ilmu bisnis dan pemasaran yang kamu dapatkan akan membuat kamu mudah untuk bekerja di berbagai industri.

12. Broadcasting


Suka berbicara di depan umum dan punya percaya diri yang tinggi? Tandanya, jurusan SMK Broadcasting cocok banget nih, untuk kamu! Apalagi industri siaran radio dan TV juga terus berkembang dengan pesat. Nggak hanya TV dan radio, kamu juga bisa jadi staff dari para Youtuber terkenal, lho.

13. Farmasi


Jurusan SMK Farmasi mempelajari ilmu tentang obat-obatan. Keahlian ini sesuai untuk kamu yang ingin mengembangkan diri atau berkarier di bidang kesehatan atau kosmetik.

Baca juga: 32 PTN Jurusan Teknik Informatika dengan Akreditasi Terbaik di Indonesia

Kamu akan diajarkan berbagai keahlian dasar farmasi seperti pengetahuan tentang obat hingga penggunaannya, mempelajari teknik pembuatan sediaan obat, serta kemampuan untuk memberikan pelayanan farmasi. Setelah lulus, kamu pun bisa menjadi tenaga teknis di industri obat, kosmetik, dan menjadi asisten apoteker.

14. Keperawatan


Punya cita-cita jadi perawat di rumah sakit? Kamu bisa masuk ke jurusan SMK Keperawatan yang akan mengajarkan kamu cara memberikan pelayanan kesehatan pada pasien yang baik.

Nantinya, kamu akan diajarkan berbagai keahlian dasar keperawatan seperti memahami dasar-dasar keperawatan, dibekali keterampilan dasar tindakan keperawatan, memahami ilmu kesehatan masyarakat, serta ilmu tentang penyakit dan penunjang medis lainnya.

Jurusan ini akan mempersiapkan kamu untuk menjadi tenaga ahli pelaksana keperawatan di instansi pemerintah atau swasta.

15. Kesehatan Gigi


Program keahlian Kesehatan Gigi mempelajari penanganan pertama pada berbagai masalah di dalam mulut. Kompetensi ini sesuai untuk kamu yang tertarik di bidang kesehatan, khususnya gigi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)