5 Jurusan Kuliah yang Pekerjaannya Sulit Digantikan Kecerdasan Buatan, Apa Saja?

Rabu, 03 Januari 2024 - 10:41 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Pekerjaannya Sulit Digantikan Kecerdasan Buatan, Apa Saja?
Jurusan Bisnis, Manajemen, Ekonomi, Komunikasi, Akuntansi, Teknik Industri adalah sejumlah jurusan kuliah yang sulit digantikan oleh kecerdasan buatan (AI). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jurusan kuliah yang pekerjaannya sulit digantikan AI ( kecerdasan buatan ). Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah merambah berbagai sektor pekerjaan, membuat beberapa profesi mungkin tergantikan.

Namun, ada beberapa jurusan kuliah yang tetap sangat diperlukan untuk mengisi pekerjaan yang sulit digantikan mesin pintar. Artikel kali ini akan membahas jurusan kuliah yang pekerjaannya sulit digantikan AI, simak ya!

6 Jurusan Kuliah yang Sulit Digantikan Kecerdasan Buatan


1. Jurusan Bisnis, Manajemen, Ekonomi, Komunikasi, Akuntansi, Teknik Industri


Jurusan-jurusan ini memiliki peran penting dalam mengisi posisi Business Development yang memerlukan kecerdasan emosional, pemahaman pasar dan keterampilan interpersonal.

Meskipun AI dapat memberikan data dan analisis, keputusan strategis dan interaksi manusia tetap memerlukan keahlian dari lulusan jurusan ini.

2. Jurusan Teknik Mesin, Teknik Produksi dan Perawatan Mesin atau Serumpunnya


Pekerjaan yang melibatkan perbaikan atau pemeliharaan mesin dan mekanik sangat bergantung pada keahlian manusia.
Jurusan-jurusan teknik ini mempersiapkan tenaga kerja yang diperlukan untuk menangani masalah teknis dan perawatan peralatan yang sulit digantikan AI.


3. Rumpun Jurusan Pendidikan


Riset menunjukkan bahwa profesi sebagai tenaga pendidik terutama untuk vokasi, merupakan salah satu yang sulit digantikan AI.
Lulusan dari rumpun jurusan pendidikan memegang peran penting dalam pembentukan karakter dan pengembangan keterampilan manusia yang tak dapat digantikan mesin.

4. Teknik Alat Berat


Pekerjaan yang melibatkan pengemudi teknisi dan operator alat berat menjadi fokus, di mana hasil riset menunjukkan bahwa AI akan kesulitan menggantikan peran ini.

Jurusan teknik alat berat menjadi sangat penting dalam memastikan operasional dan perawatan peralatan berat yang diperlukan di berbagai sektor.

5. Rumpun Ilmu Pertanian dan Teknik


Pekerjaan di bidang pertanian dan operator pertanian memiliki kompleksitas yang sulit diimplementasikan sepenuhnya oleh AI.
Lulusan dari rumpun ilmu pertanian dan teknik memiliki peran strategis dalam memastikan keberlanjutan produksi pangan dan mengelola sumber daya alam dengan efisien.

Dengan tetap menjaga dan mengembangkan keahlian di bidang-bidang ini, lulusan dapat memainkan peran utama dalam menghadapi era AI.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3058 seconds (0.1#10.140)