Cerita Sherly, Mahasiswa Unair yang Jalani Serunya Berpuasa di Yunani

Jum'at, 12 April 2024 - 15:16 WIB
loading...
A A A
Selain itu, Sherly mengungkapkan rasa syukurnya karena kampus menyediakan makanan gratis 3 kali sehari. Ketika masuk waktu berbuka, ia langsung bergegas pergi ke kantin untuk berbuka.

Gunakan Fasilitas Kampus untuk Salat


Sherly mengatakan bahwa di Thessaloniki, hanya ada satu masjid. Hal itu disebabkan mayoritas penduduknya menganut agama Ortodoks. Ia juga sempat mengungkapkan keresahannya karena di Thessaloniki Yunani tidak ada perkumpulan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).

Selama beribadah, Sherly mengaku memanfaatkan beberapa fasilitas kampusnya yang kosong seperti co working space. Karena, di kampusnya tidak disediakan tempat ibadah seperti masjid. Hal itu juga disambut baik oleh civitas akademika maupun petugas yang berjaga untuk melakukan ibadah.

“Karena mayoritas penduduknya Ortodoks, hanya ada 1 masjid di kota ini. Selain itu, di kampus juga nggak ada masjid. Jadi, aku manfaatin beberapa fasilitas kampus yang kosong. Alhamdulillah ketika aku izin untuk beribadah, petugasnya mengizinkan aku untuk pakai tempat itu,” ungkap Sherly.

Sedih Tak Bisa Berkumpul dengan Keluarga


Karena sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri, Sherly mengatakan bahwa dirinya merasa sedih karena tidak bisa berkumpul dengan keluarganya. Ia tidak bisa mudik untuk pergi keluar kota maupun berkumpul dengan teman-temannya.

“Sedih sebenernya tahun ini aku nggak bisa merayakan Idulfitri bareng keluarga, yang biasanya mudik kali ini nggak bisa. Dan, biasanya Lebaran tiap tahun itu heboh, tapi kali ini harus sendiri. Awal mungkin homesick, tetapi mau bagaimanapun aku harus menyelesaikan tugasku di sini,” tuturnya

Sherly menambahkan, Ramadan dan Lebaran tahun ini ia jalani dengan dukungan penuh keluarga dan teman-temannya. Seperti keluarga dan teman-temannya selalu membangunkan ia untuk sahur atau memberi notifikasi waktu berbuka.

“Rencana Lebaran tahun ini, aku pergi ke masjid untuk sholat Id dan berkumpul dengan umat muslim lainnya. Mungkin aku hanya video call dengan keluarga atau teman-teman. Terus biar kerasa vibes Lebarannya, aku bakal pake baju baru sih. Aku juga bakal buat kue, karena hobi baking,” pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)