Mahasiswa Asal Ciamis Ini Jadi Orang RI Pertama yang Menerima Penghargaan dari Columbia University

Minggu, 26 Mei 2024 - 10:39 WIB
loading...
A A A
Penghargaan ini juga ditujukan untuk menghormati mendiang Bill Campbell, salah satu pendidi Asosiasi Alumni Columbia dan alumni terkemuka.

Presiden BEM SPI Columbia


Sebelum lulus, Deris menjadi Presiden BEM School of International and Public Affairs (SIPA) di Columbia University. Ia juga terjun menjadi asisten peneliti di Columbia Institute of Global Politics.

Selama menjadi Ketua BEM SIPA, ia memelopori lebih dari 42 inisiatif, kolaborasi, upaya advokasi, dan rekomendasi kebijakan. Ia bahkan hadir di PBB untuk mengadvokasi akses pendidikan dan pemberdayaan pemuda.

Pimpin Organisasi ASEAN-Korea Frontier Forum


Deris pun juga membagi waktu kuliahnya dengan menjadi Presiden ASEAN-Korea Frontier Forum (AKFF) periode 2023-2025. Organisasi ini terdiri dari 11 negara ASEAN dan Kore Selatan.

Baca juga: Kisah Axel, Cita-cita Jadi Pilot Kandas Namun 3 Beasiswa dari Taiwan Sukses Diraih

Misinya ialah mempromosikan kerja sama berkelanjutan, memperbesar komunitas antara ASEAN-Korea dan memberdayakan alumni AKFF melalui berbagai kegiatan.

CEO dan Founder Bidang Pendidikan


Tak hanya aktif di organisasi internasional, Derus pun tak lupa dengan negaranya dengan mendirikan yayasan yang memberikan pendampingan dan pemberdayaan pendidikan kepada lebih dari 10 ribu pelajar di Indonesia.

Magang di Markas PBB New York


Setelah Deris tamat kuliah Juni-Juli nanti, ia akan menjadi satu-satunya orang Indonesia yang terdaftar mengikuti program intensif dari UN Geneva Graduate Study Program di Geneva.

Pemuda berkacamata ini pun akan menjadi ketua dan pembicara di Korea dan Nepal pada Juli dan Agustus nanti. Lalu pada September mendatang, Derus akan menjalani masa magang di PBB New York.

Berencana Pulang ke Indonesia


Deris komitmen ingin pulang ke Indonesia untuk menunaikan misi capacity building, empowerment, dan pentingnya pendidikan untuk teman-teman di Indonesia.

Selain itu ia juga akan aktif membantu setiap stakeholders di Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Emas 20245.

Deris juga memiliki rencana melanjutkan studi S3 dan tinggal menunggu jawaban dari pihak kampus tujuannya.

Itulah kisah Deris Nagara, mahasiswa Indonesia asal Ciamis pertama yang menerima penghargaan Campbell Award Columbia University 2024. Semoga menginspirasi.
(nnz)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)
pixels