Tim Unair Dorong UMKM Desa Besur Penuhi Legalitas Usaha, Go Digital dan Go Global

Selasa, 10 September 2024 - 14:55 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan hal tersebut, ketentuan upload video, foto, caption, sampai target pengguna media sosial menjadi fokus perencanaan awal dalam melakukan pemasaran digital.

Hal yang tak kalah penting lainnya yaitu menyimpan chat atau identitas pelanggan seperti nomor hp untuk melakukan tracking pada repeat order sekaligus sebagai bentuk pendekatan personal kepada target pasar.

Pendekatan seperti ini penting dilakukan untuk mempertahankan pangsa pasar yang sudah dimiliki. Selain pendekatan personal, pendekatan kelompok juga dapat dilakukan. Misalnya pengusaha catering nasi kotak yang melakukan pendekatan pada kelompok pengajian, organisasi, atau rapat-rapat kedinasan.

Kedua pendekatan ini tetap harus memperhatikan target pasar yang dituju sehingga dapat membangun kepercayaan pelanggan bahkan memunculkan pemasaran secara tidak disadari melalui mulut ke mulut.

Dengan adanya kegiatan pelatihan pemasaran digital, besar harapan agar masyarakat Desa Besur dapat mulai mengenal dan mempraktekkan model pemasaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, apalagi di tengah membanjirnya beragam media sosial yang ada.

Setelah pelatihan Pemasaran Digital, Unair membuka “Klinik UMKM: Packaging Siap Ekspor”. Kegiatan ini untuk memberikan bantuan bagi UMKM yang ada di Desa Besur agar bisa mendapatkan izin legalitas penting, seperti pendaftaran Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi halal, serta penambahan booth untuk pengurusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Dengan adanya program ini, diharapkan UMKM Desa Besur dapat lebih mudah memenuhi persyaratan administratif yang dibutuhkan untuk memperluas pasar dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk-produk lokal. Tercatat terdapat 15 UMKM yang ikut serta aktif mendaftarkann pemenuhan legalitas UMKM. Mayoritas adalah industri makanan dan minuman.
(wyn)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4555 seconds (0.1#10.140)