10 Jurusan yang Tidak Boleh Buta Warna, Prodi DKV Masuk?

Minggu, 15 September 2024 - 13:46 WIB
loading...
A A A
Misalnya ketika seorang pilot terbang saat malam hari, pilot harus dapat membedakan lampu berwarna putih, hijau, merah, kuning, dan biru.

6. Biologi


Jurusan Biologi tidak menerima mahasiswa yang buta warna, baik sebagian maupun keseluruhan. Hal ini karena proses pembelajaran di jurusan Biologi membutuhkan kompetensi spesifik yang berkaitan dengan kondisi mata.

7. Keamanan Masyarakat


Pada bidang-bidang tertentu, seperti polisi atau petugas keamanan, kemampuan untuk mengenali dan membedakan warna dapat menjadi faktor penting untuk melakukan tugas. Seperti mengidentifikasi tanda-tanda bahaya atau mencari bukti.

8. Farmasi


Farmasi adalah jurusan lain yang memerlukan penglihatan warna yang baik. Apoteker harus dapat mengidentifikasi berbagai obat berdasarkan warna dan bentuknya. Selain itu, mereka juga harus membaca label dan instruksi yang seringkali menggunakan kode warna untuk menghindari kesalahan dalam pemberian obat.

Misalnya, beberapa obat mungkin memiliki penandaan warna yang menunjukkan dosis atau jenis obat tertentu. Kesalahan dalam pengenalan warna bisa berakibat serius bagi pasien.

9. Ilmu Kelautan


Jurusan Ilmu Kelautan dengan prospek bekerja di kapal dagang atau kapal tanker apapun mencakup sejumlah tugas yang melibatkan sinyal, simbol, peta, dan penanda. Semua ini penting untuk navigasi.

Jika seorang penyandang buta warna tidak dapat membedakan dua sinyal yang berbeda, lampu peringatan, penanda laut, atau kabel listrik, secara sederhana, mereka tidak dapat melakukan pekerjaan mereka secara efektif.

10. Studi Gizi


Jurusan Gizi adalah disiplin ilmu yang mempelajari kandungan nutrisi dalam bahan pangan serta mengatur pola makan dan gaya hidup sehat.

Maka, nantinya tugas dan pekerjaan yang dikerjakan seorang mahasiswa jurusan ilmu gizi akan melibatkan warna dan bentuk baik makanan maupun minuman.

Sekian 10 jurusan kuliah yang tidak boleh buta warna. Semoga bermanfaat.

MG/Anastasia Wisalya Karini
(nnz)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)