Hari Santri Nasional 2024, Ini Logo, Makna Filosofi, dan Link Downloadnya

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 11:50 WIB
loading...
A A A
Oleh karenanya, para pejuang berusaha untuk menolak kedatangan kolonial tersebut. Salah satunya Laskar Hizbullah yakni pasukan pejuang Islam yang berisi ulama dan santri.

Pada masa itu, dengan semangat yang terbakar Laskar Hizbullah telah mempersiapkan diri menghadapi berbagai ancaman yang akan datang termasuk dari penjajah.

Untuk mengobarkan semangat yang sama pada seluruh rakyat Indonesia, Hadlaratus Syeikh KH Hasyim Asy'ari dan Rais Akbar Nahdlatul Ulama mengumandangkan resolusi jihad pada 22 Oktober 1945. Resolusi itu mewajibkan setiap muslim untuk membela dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dari serangan penjajah.

Peristiwa tersebut terjadi di Kota Surabaya tepat di hadapan para ulama NU seluruh Jawa-Madura. Semangat jihad yang sama pun tersebar ke seluruh Indonesia.

Akibatnya, meletuslah pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Itulah peristiwa yang menggambarkan peran santri dalam berjuang membela Kemerdekaan RI.

Perjuangan para santri tersebut kemudian dikenang setiap 22 Oktober yang diambil dari tanggal dikumandangkannya resolusi jihad. HSN secara resmi baru ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada 2015 melalui Keppres RI Nomor 22 Tahun 2015.
(wyn)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)