5 SMA di Jawa Timur Ikuti 'Regional Student Company Competition'

Minggu, 30 Agustus 2020 - 16:37 WIB
loading...
5 SMA di Jawa Timur Ikuti Regional Student Company Competition
Sejumlah pelajar dari Surabaya dan Sidoarjo mengikuti Regional Student Company Competition 2020 yang digelar Citi Indonesia. Foto/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Citi Indonesia atau Citibank pada Sabtu (29/8) menggelar 'Regional Student Company Competition 2020'. Mengingat pandemi COVID-19, maka kegiatan yang menggandeng Prestasi Junior Indonesia (PJI) itu digelar secara daring.

Kegiatan ini diikuti pelajar dari lima SMA/SMK di Surabaya dan Sidoarjo. Mereka bersaing menunjukkan kepiawaian mengelola usaha mikro berorientasi lingkungan. Kelima sekolah tersebut, antara lain SMAN 8 Surabaya, SMAN 9 Surabaya, SMAN 16 Surabaya, SMKN 7 Surabaya, dan SMKN 3 Buduran. (Baca juga: Mirisnya Nasib 900 Ribu Guru Honorer Bergaji Ratusan Ribu )

"Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para pelajar memaparkan kinerja dari eco-business yang dikembangkan kepada enam juri," kata Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Puni Anjungsari, Sabtu (29/8).

Dia mengungkapkan, salah satu fokus dari Citi Indonesia adalah pengembangan generasi muda. Utamanya dalam hal edukasi keuangan serta dasar-dasar kewirausahaan. Dia melihat, peran wirausahawan muda sangatlah penting dalam membangun perekonomian Indonesia di masa depan. (Baca juga: Kemendikbud Beri Bantuan Kuota, Pemda Harus Bergerak Cepat )

"Oleh karena itu, kami menggagas Youth Ecopreneurship Initiative. Kami berharap melalui kompetisi ini, dapat tercipta wirausahawan muda yang tangguh," ujarnya.

Co-Founder and Academic Advisor PJI, Robert Gardiner menambahkan, selama enam tahun, kemitraan antara PJI dengan Citibank, telah memberikan manfaat melalui edukasi kewirausahaan kepada lebih dari 54.000 pelajar dari 164 SMA dan SMK di Indonesia. "Kami berharap pengalaman yang diperoleh dari program ini dapat terus menginspirasi generasi muda untuk menciptakan lebih banyak bisnis baru yang menerapkan konsep keberlanjutan di masa depan," imbuhnya.

Diketahui, Regional Student Company Competition merupakan bagian dari program edukasi ‘Youth Ecopreneurship Initiative’ yang didukung Citi Foundation. Melalui program ini, para pelajar dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah. Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan. (Baca juga: Fokus PJJ, Kemendikbud Jangan Lupakan Siswa Miskin yang Sekolah Luring )

Di awal program, para pelajar telah mendapatkan pembekalan dari sejumlah profesional bisnis melalui kegiatan Youth Entrepreneur Camp. Selama periode program, proses pendampingan bisnis secara intensif dan berkelanjutan juga diberikan oleh mentor PJI dan karyawan Citibank yang tergabung dalam Citi Volunteers.

Kelima sekolah bersaing memperebutkan gelar ‘The Best Student Company in Surabaya’ dalam kompetisi ini. Satu sekolah terbaik akan mewakili Jawa Timur untuk bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company of the Year Competition 2020, yang akan diselenggarakan pada Oktober mendatang.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3327 seconds (0.1#10.140)