Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia

Minggu, 29 November 2020 - 18:26 WIB
loading...
Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia
Ilustrasi foto/Masyhudi
A A A
APAKAH Anda memiliki ketertarikan di dunia jurnalistik tetapi terhambat dengan kesibukan pekerjaaan ketika mempelajarinya? Jangan khawatir, internet menjadikan persoalan itu bisa dicarikan solusinya. Yakni dengan mempelajari jurnalistik dan tulis menulis secara online. Berikut beberapa kursus dan sertifikasi jurnalisme online paling bergengsi di dunia.

1. NYU Online Masters in Journalism

Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia


NYU dan Institut Jurnalisme Arthur L. Carter yang sama bergengsinya meluncurkan program gelar master online di bidang jurnalisme pada 2019. Kurikulum ini dirancang untuk membantu siswa menavigasi ruang redaksi virtual dan memahami sifat media digital. Karena seluruh program ditawarkan secara online, siswa akan bekerja di wilayah mereka dan bertindak sebagai koresponden di kota asal mereka. (Baca: 10 Lagu Rock Terpanjang yang Pernah Dirilis)

Kelas terdiri dari rapat virtual langsung yang terstruktur. Di sini siswa akan mempelajari dasar- dasar jurnalisme dan mempelajari standar praktik. Meskipun tidak murah, program ini dirancang fleksibel agar siswa dapat bekerja penuh waktu sambil belajar.

2. The University of Nebraska (Online Masters in Journalism)

Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia


Jika Anda sangat serius untuk mendapatkan pendidikan jurnalisme berkualitas tetapi terkendala oleh jarak, Anda juga dapat mempertimbangkan mengambil gelar pascasarjana online dari universitas mapan, salah satunya Universitas Nebraska.

University Nebraska menawarkan kesempatan kepada siswanya untuk memperoleh gelar Magister Jurnalisme melalui program yang disampaikan sepenuhnya secara online. Ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan sertifikat dan kursus lain tetapi mereka memiliki salah satu biaya kuliah paling terjangkau untuk gelar Master di Amerika Serikat.

3. The University of Illinois (Visualization for Data Journalism)

Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia


Ada permintaan akan jurnalis yang dapat memahami dan menyajikan big data dengan cara yang mudah
dipahami orang lain. Kursus ini akan memberi Anda keterampilan yang dibutuhkan untuk bisa bercerita
menggunakan data penting. Di sini peserta akan belajar mengkomunikasikan big data menggunakan
grafik seperti yang digunakan sejumlah surat kabar besar seperti The New York Times dan Vox. Hanya
membutuhkan waktu sekitar 16 jam untuk menyelesaikan program di kursus lembaga ini. (Baca juga: memiliki Efek Mengerikan, Inilah 4 Ranjau Darat Paling Mematikan)

4. Michigan State (Online Journalism Certificate)

Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia


Program yang ditawarkan melalui kursus ini adalah teruntuk mereka yang hanya ingin memoles dasar-
dasarnya dan tidak terlalu mendalami dasar jurnalisme. Kursus ini ditawarkan sepenuhnya secara online dan memungkinkan Anda untuk belajar sesuai kemampuan. Seluruh program dapat diselesaikan dalam 27 jam dan akan memberi Anda sertifikat. Kursus ini mencakup diskusi tentang jurnalisme dan etika yang bertanggung jawab serta menjadi jurnalis lepas profesional.

5. Alison Online Diploma In Journalism

Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia


Alison adalah platform pembelajaran gratis yang menawarkan kelas dan pelatihan online gratis bagi
orang-orang yang ingin mengasah keterampilan mereka. Modul jurnalisme dirancang untuk pemula yang mungkin belum memiliki pendidikan jurnalisme sebelumnya, tetapi ingin memulai karier jurnalisme. Kursusnya relatif singkat dan semuanya ditawarkan secara online sehingga Anda dapat melakukan ini di sela-sela bekerja. Program ini tidak seluas dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh universitas mapan, tetapi hal baiknya adalah gratis. (Baca juga: 9 Anak Bau Kencur Pendobrak Perubahan di Dunia)

6. Poynter News University (Online Journalism Courses)

Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia


The Poynter Institute telah menjadi salah satu lembaga utama yang telah menjunjung standar jurnalistik selama beberapa dekade. Melalui Poynter News University, mereka menawarkan lebih dari seratus kursus dan seminar online untuk calon jurnalis serta orang-orang berpengalaman yang ingin mengasah keterampilan mereka. Biaya kursus antara USD300 hingga USD600 sementara yang lainnya ditawarkan secara gratis. Mereka menawarkan banyak kelas menarik, webinar, dan kursus sertifikat yang tidak hanya akan membantu Anda menulis tetapi juga berkomunikasi dengan cara lain.

7. London School of Journalism (Distance Learning Courses)

Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia


London School of Journalism adalah institusi terkenal di dunia yang telah melatih siswa selama lebih dari 100 tahun. Daftar kursus mereka mencakup lebih dari selusin kelas untuk setiap jenis penulisan jurnalistik. Kursus menulis lepas dan fitur misalnya akan mengajarkan Anda tentang menulis lepas modern sebagai profesi berbayar.
Juga tema soal Jurnalisme Internet yang menawarkan pelatihan mendalam bagi mereka yang ingin fokus pada penulisan konten untuk web. Siswa perlu mengunduh buku kerja kursus, dan kemudian menjawab kuis setelahnya. Pengajar kemudian akan memeriksa pekerjaan peserta kursus, memberikan umpan balik, dan menjawab pertanyaan peserta kursus. (Baca juga: 10 Kapal Selam Penyerang Paling Mematikan di Dunia)

8. Master Class in Journalism By Bob Woodward

Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia


Bob Woodward adalah salah satu jurnalis investigasi paling dihormati dari generasi ini. Jurnalis kawakan ini malang melintang sebagai reporter untuk Washington Post selama beberapa dekade. Dua Penghargaan Pulitzer dan lebih dari selusin buku terlaris telah ditulis Bob tak terkecuali tema soal Jurnalisme Investigatif yang sangat lekat dengan namanya saat mencuatnya skandal Watergate. Kursus ini akan membawa Anda mencari sebuah cerita menggunakan pelaporan mendalam dan jurnalistik kuno yang menggali petunjuk. Ini adalah kursus yang menyenangkan dan menarik yang diajarkan oleh salah satu jurnalis profesional paling terkenal di dunia.

9. University of Toronto School of Continuing Studies (Multimedia Journalism)

Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia


Kursus yang ditawarkan University of Toronto School of Continuing Studies (Departemen Studi
Berkelanjutan Sekolah U of T) akan mengajari Anda cara menulis di web dan menggunakan media sosial
untuk mempromosikan konten Anda secara online. Instruktur di kursus ini adalah pemimpin industri dan praktisi berpengalaman yang akan membantu Anda beradaptasi dengan dunia digital. Biaya kursus sekitar CAD769 (mata uang Kanada) dan dapat diambil sendiri atau sebagai bagian dari sertifikat Jurnalisme Multimedia. Untuk mendapatkan Sertifikat U of T, peserta kursus harus menyelesaikan 3-4 kursus terkait lainnya dalam program ini.

10. The School Of The New York Times (Virtual Storytelling)

Kawah Candradimuka Kursus Jurnalisme Daring Dunia


The New York Times telah membuat namanya terkenal sebagai sumber informasi premium dari jurnalis
berpengalaman. Setelah bertahun-tahun berada di garis depan sebagai pelaku jurnalisme media cetak, mereka memutuskan membantu membentuk generasi jurnalis berikutnya melalui The School of The New York Times. Program ini mencakup kelas online untuk profesional yang ingin mengasah keahlian mereka, dengan pelajaran yang diajarkan oleh jurnalis New York Times dan profesional berpengalaman lain. Kursus diatur sendiri yang berarti Anda dapat memutuskan kapan Anda ingin memulai dan menyelesaikan. Sertifikat juga relatif terjangkau yakni dibanderol USD 645.

Sumber: www.worldatlas.com
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)