Pertukaran Mahasiswa Antar 11 PTN-BH Lewat Sasrabahu Dibuka, Cek Pendaftaran

Kamis, 04 Februari 2021 - 22:01 WIB
loading...
Pertukaran Mahasiswa Antar 11 PTN-BH Lewat Sasrabahu Dibuka, Cek Pendaftaran
Konsorsium PTN-BH menyediakan platform berupa Sasrabahu untuk mempermudah pertukaran mahasiswa antar 11 PTN BH di Indonesia. Foto/Dok/Humas Unpad
A A A
JAKARTA - Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) menyediakan platform berupa Sistem Pertukaran Mahasiswa antara PTN BH (Sasrabahu) untuk mempermudah pertukaran mahasiswa antar 11 PTN BH di Indonesia.

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Universitas Padjajaran (Unpad) Mohamad Fahmi, menjelaskan, platform Sasrabahu disiapkan untuk mendukung implementasi kebijakan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar di 11 PTN BH.

Baca juga: Simak 10 Prodi Sainstek dengan Tingkat Keketatan Tertinggi di SNMPTN 2020


“Kalau kita bekerja sama dengan masing-masing universitas itu akan membuat kita lebih susah dalam membuat dokumen kerja samanya, karena itu Sasrabahu disiapkan untuk mempermudah,” katanya seperti dikutip dari laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Kamis (4/2)

Melalui platform Sasrabahu, mahasiswa bisa melihat penawaran mata kuliah dari 11 PTN BH tersebut dengan menggunakan ponselnya masing-masing. Dengan demikian, proses pendaftarannya bisa jauh lebih mudah.

Program Sasrabahu sendiri akan dibuka mulai semester genap tahun akademik 2020/2021 dan akan berjalan selama 1 semester. Untuk saat ini, kata Fahmi, belum semua PTN BH membuka pendaftaran Sasrabahu, mengingat ada perbedaan waktu pelaksanaan kuliah dari masing-masing perguruan tinggi.

Secara teknis, mahasiswa boleh mengambil satu atau beberapa mata kuliah bergantung pada kebutuhannya. Mahasiswa juga diperbolehkan mengambil mata kuliah lintas program studi. Namun, penentuan mata kuliah ini harus berdasarkan kesepakatan dari Ketua Program Studi di PTN asal.

Nantinya, perguruan tinggi penerima akan melakukan seleksi, salah satunya dilihat dari kapasitas yang ditawarkan. “Katakanlah kalau tempatnya cuma 10, tapi yang daftar 20 orang, itu akan diseleksi. Atau juga dari sisi background-nya, apakah dia akan bisa mengikuti perkuliahan ini atau tidak,” kata Fahmi.

Unpad sendiri menawarkan sekira 150 mata kuliah dari seluruh program studi Sarjana dan Sarjana Terapan. Artinya, jika setiap mata kuliah menawarkan 20 orang, maka Unpad akan menerima sekira 3.000 mahasiswa program Sasrabahu.

Bagi mahasiswa Unpad yang akan mengikuti program Sasrabahu, disilakan untuk mempersiapkan sejumlah persyaratan, di antaranya kartu tanda mahasiswa dan transkrip nilai. Setelah itu, mahasiswa cek mata kuliah dari PTN yang membuka pendaftaran.

“Setelah mengetahui mata kuliah tersebut, konsultasikan dengan Kaprodi. Apakah mata kuliah itu bisa diambil untuk di semester genap nanti atau tidak,” jelasnya.

Adapun tautan pendaftaran dan pengambilan mata kuliah bisa dilihat di https://sasrabahu.id/. Pedoman Sasrabahu bisa dilihat di http://bit.ly/sasrabahuID.

Informasi Sasrabahu di Unpad bisa hubungi Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi lewat email: exchange@unpad.ac.id dan WhatsApp: 08164865343.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3229 seconds (0.1#10.140)