FT UI Buka Prodi Magister Multidisiplin Perencanaan Wilayah dan Kota

Jum'at, 05 Februari 2021 - 20:43 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Psikolog: Ingat! Ini 2 Pertimbangan Sebelum Menentukan Jurusan Kuliah

Ketua Program Studi Magister Multidisiplin PWK FTUI Ova Candra Dewi menjelaskan, keunggulan lulusan PWK FTUI terletak pada fleksibilitas yang dimiliki.

Lulusan program ini nantinya akan menjadi tenaga profesional yang mampu menghasilkan perencanaan kota yang memenuhi syarat secara substantif, teknis, dan administratif dengan mempertimbangkan dampak dari intervensi pada skala kota dalam aspek sosial, ekonomi, budaya, politik, dan keamanan dari waktu ke waktu.

“Kebanyakan universitas di luar negeri menyelenggarakan program sejenis selama minimal dua tahun dan berorientasi pada lulusan yang berlisensi profesional. Di Indonesia, prodi PWK didirikan untuk memenuhi standar yang diterapkan oleh Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia. Akreditasi program mengacu pada Instrumen Akreditasi Prorgam Studi (IASP) 4.0 canangan Kemenristekdikti,” tutup Ova Candra.

Program PWK FTUI merupakan program multidisiplin dengan dosen pengampu berasal dari Departemen Teknik Sipil dan Arsitektur FTUI, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI, dan Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI.

Peminatan yang dibuka di PWK FTUI dikelompokkan menjadi 3, yaitu Peminatan Perencanaan Tata Ruang Kota, Perencanaan Lingkungan Kota, dan Perencanaan Infrastruktur dan Transportasi.

PWK FTUI tidak mengharuskan mahasiswa mengambil peminatan dengan kategorisasi mata kuliah yang sudah ditentukan, melainkan dibebaskan memilih dari yang ditawarkan. Durasi perkuliahan adalah 2 tahun (4 semester) dengan total 42 SKS.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6079 seconds (0.1#10.140)