Minat Dosen dan Mahasiswa Ethiopia Kuliah ke Indonesia Tinggi

Jum'at, 12 Februari 2021 - 22:33 WIB
loading...
Minat Dosen dan Mahasiswa Ethiopia Kuliah ke Indonesia Tinggi
Dubes RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Minat para dosen dan mahasiswa dari negara Ethiopia yang ingin menempuh kuliah di Indonesia ternyata sangat tinggi. Hal ini berbanding terbalik dengan penerima beasiswa dari Indonesia untuk Ethiopia yang masih rendah.

Duta Besar LBPP RI untuk Ethiopia , Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur mengatakan, dia pernah bertemu dengan pasangan suami istri yang bertemu jodoh ketika warga Ethiopia menempuh perkuliahan. Pertama ada wanita Indonesia yang bertemu jodoh ketika suaminya berkuliah di salah satu perguruan tinggi di Jakarta dan kini bermukim di Addis Ababa.



Selain itu juga dia pernah berbincang dengan seorang ibu asal Indonesia yang kini juga bermukim di Ethiopia yang bertemu jodoh dengan lelaki Ethiopia yang saat itu sedang kuliah di UGM dengan beasiswa pemerintah Indonesia.

"Ternyata minat mahasiswa Ethiopia sangat tinggi, sangat besar untuk belajar di Indonesia. Banyak sekali di antara mereka yang berusaha untuk mendapatkan berbagai informasi tentang program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Terutama melalui Kedubes RI di Addis Ababa," katanya melalui Youtube The Siblings, Jumat (12/2/2021)

Al Busyra Basnur menjelaskan, beasiswa yang diberikan pemerintah Indonesia untuk mahasiswa internasional terbagi 2 jalur dan dikelola oleh Kemendikbud. Yakni beasiswa non degree yaitu beasiswa Darmasiswa dan beasiswa degree program master yang dikenal dengan beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB).



Dia menjelaskan, beasiswa Darmasiswa yang diselenggarakan sejak 1974 ini diberikan setiap tahun kepada 600 mahasiswa dari hampir 100 negara. Sedangkan beasiswa KNB diselenggarakan sejak tahun 2006 diberikan kepada sekitar 70 mahasiswa internasional.

Al Busyra Basnur mengaku, sampai saat ini jumlah penerima beasiswa Indonesia dari Ethiopia masih sangat sedikit. Al Busyra Basnur menuturkan, jumlah alumni beasiswa pemerintah Indonesia dari Ethiopia baru sekitar 60 orang.

Dia mengaku sampai saat ini rutin dihubungi oleh mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Ethiopia yang menyatakan keinginanya untuk mendapat beasiswa dan kuliah di berbagai perguruan tinggi di tanah air.

Al Busyra Basnur pun mengajak kepada semua pihak yang dapat membantu untuk memberi kesempatan kepada dosen dan mahasiswa Ethiopia kuliah di Indonesia untuk bekerjasama dengannya. "Pada kesempatan ini saya menyampaikan sekaligus mengajak kalau ada di antara para sahabat The Sibling dan stakeholders yang bisa menanggapi secara positif keinginan para mahasiswa dan dosen dari Ethiopia ini tentu saja akan sangat baik sekali dan silakan menghubungi saya atau channel YouTube The Siblings," harapnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)