Tak Hanya Menjadi Pustakawan, Ini Keunggulan Prodi Ilmu Perpustakaan

Kamis, 29 April 2021 - 15:45 WIB
loading...
A A A
Jika berminat maka lulusan jurusan ini bisa bekerja dibidang Informasi teknologi, finansial maupun analisa data.

1. Information Specialist
Menjadi lulusan ilmu perpustakaan akan memiliki keterampilan dalam bidang pengolahan informasi. Mengelola informasi disini bisa berbentuk database, website atau sistem informasi lainnya.

2. Arsiparis
Semua perusahaan memiliki dokumen atau arsip penting yang harus dikelola. Pengelolaan dokumen atau arsip bertujuan agar perusahaan dapat dengan mudah menemukan informasi atau yang dikenal dengan information retrieval.

3. Instansi Pemerintah
Lulusan ilmu perpustakaan memiliki peluang untuk bergabung pada instansi pemerintah sebagai PNS atau ASN. Bisa dilihat bahwa saat ini banyak instansi pemerintah membuka lowongan calon PNS untuk lulusan ilmu perpustakaan. Hal ini dikarenakan setiap instansi pemerintah memiliki lembaga informasi sendiri yang membutuhkan lulusan ilmu perpustakaan untuk mengelolanya.

4. Administrasi
Alasan perusahaan membutuhkan lulusan ilmu perpustakaan pada bagian administrasi karena lulusan ini sangat ahli dalam mengolah data dan menyampaikan suatu informasi baik lisan dan tulisan.

5. Pustakawan
Pustakawan pada perpustakaan modern bisa membuat berbagai macam acara diluar perpustakaan. Seperti taman baca atau gerakan literasi informasi.

Ditjen Dikti juga merangkum beberapa perguruan tinggi negeri yang menyediakan program studi ilmu perpustakaan untuk jenjang S1, seperti:
1. Universitas Indonesia
2. Universitas Padjajaran
3. Universitas Diponegoro
4. Universitas Sebelas Maret
5. Universitas Airlangga
6. Universitas Brawijaya
7. Universitas Sumatera Utara.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)